Update COVID-19 Aceh

0 Terkonfirmasi
0 Dirawat
0 Sembuh
0 Meninggal

-

Sumber: -

YARA Sesalkan Keuchik di Aceh Barat yang Laporkan Warganya Usai Protes BLT

YARA Sesalkan Keuchik di Aceh Barat yang Laporkan Warganya Usai Protes BLT

MEULABOH, ANTEROACEH.com - Ketua Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA) perwakilan Aceh Barat, Hamdani sangat menyayangkan sikap Keuchik Suak Pante Breuh yang melaporkan warganya karena melakukan aksi protes dana bantuan langsung tunai dana desa (BLT DD). 

Menurut Hamdani, seharusnya masalah tersebut tidak perlu sampai di bawa ke ranah hukum, apalagi sampai ditetapkan sebagai tersangka. 

"Kita sudah turun ke Polsek sekali bahwa benar yang bersangkutan sudah ditetapkan sebagai tersangka. Suratnya diberikan saat kami kesana," ungkap Hamdani kepada anteroaceh.com, Kamis (24/ 9/ 2020).

Apalagi menurutnya aksi protes mempertanyakan BLT tersebut dilakukan warga di forum resmi yang juga di hadiri oleh unsur Muspika. Dikhawatirkan jika persoalan tersebut terus berlanjut, tidak akan ada lagi warga yang menyampaikan pendapatnya atau mempertanyakan baik terkait anggaran di desa maupun lainnya.

"Demokrasi mulai terancam jika seperti ini. Belum lagi gejolak lainnya di Gampong tersebut seperti efek sosial lainnya," tambah Hamdani.

Ia berharap persoalan tersebut dapat diselesaikan secara kekeluargaaan atau secara adat di Gampong. Dan jikapun persoalan ini berlanjut, penegak hukum juga harus mengusut tuntas persoalan yang terjadi di Gampong tersebut. 

"Kami dari YARA juga akan mengawasi kasus ini. Kita akan melakukan investigasi terkait dugaan dugaan lainnya di Gampong Suak Pante Breuh, tidak menutup kemungkinan jika ada pelanggaran akan kita laporkan juga baik ke pihak kepolisian maupun kejaksaan," tegasnya.

Pemerintah juga diminta Hamdani untuk turun tangan menyelesaiakan persoalan ini dan seharusnya merasa malu jika persoalan seperti ini terjadi.

"Kita juga mendesak Inspektorat untuk turun melakukan audit dana desa di Gampong Suak Pante Breuh" pungkas Ketua YARA Aceh Barat, Hamdani.

Komentar

Loading...