YARA Duga Pertamina Pasok Minyak ke Penambang Emas Ilegal di Aceh Barat

YARA Duga Pertamina Pasok Minyak ke Penambang Emas Ilegal di Aceh Barat
Kepala Perwakilan YARA Aceh Barat. Foto: Ist

MEULABOH, ANTEROACEH.com - Yayasan Advokasi Rakyat Aceh ( YARA) Perwakilan Aceh Barat menduga adanya pasokan minyak dari PT Pertamina untuk penambang emas ilegal di sejumlah kecamatan di Aceh Barat.

Hal itu diungkap Kepala YARA Aceh Barat, Hamdani. Dugaan itu kata Hamdani diperkuat dengan adanya laporan yang mereka terima dari masyarakat bahwa adanya beberapa unit mobil tangki dengan perpaduan warna putih dan biru secara bergantian masuk dan melakukan pembongkaran minyak ke penambang.

"Kita itu pernah mendapat data berupa foto mobil dengan paduan warna putih dan biru. Di mobil tersebut bertuliskan nama sebuah perusahaan mitra PT Pertamina dalam penyaluran minyak industri," beber Hamdani, Senin (26/4/2021).

Hamdani mengatakan mobil tersebut biasanya mengangkut minyak industri yang dibeli langsung ke pihak Pertamina.

Padahal menurutnya, jika tidak ada pasokan minyak dalam skala besar bisa menyebabkan para penambang emas ilegal tidak beroperasi lagi karena tidak mendapat pasokan bahan bakar minya.

"Karena setiap alat berat yang beroperasi membutuhkan bahan bakar minyak (BBM) baik untuk menghidupkan escavator atau beko maupun asbuk," lanjutnya.

Jika hanya mengandalkan minyak yang dibeli di SPBU, tambah Hamdani sudah pasti tidak akan cukup karena pihaknya mendengar ada sekitar ratusan alat tambang yang beroperasi di wilayah tersebut.

“Jikapun ada pasokan minyak subsidi yang dibeli dari SPBU tidak akan cukup jika dibeli dari SPBU yang ada di Aceh saja, namun pasti ada pasokan dari SPBU luar Aceh seperti Sumatera Utara,” duga Hamdani.

Untuk itu, YARA meminta PT Pertamina membuktikan jika memang tidak terlibat mendukung pasokan minyak dalam skala besar bagi para penambang emas ilegal di Aceh Barat dengan melakukan pengawasan ketat.

Pengawasan tersebut, lanjutnya tidak hanya dilakukan di SPBU, tetapi juga terhadap setiap mobil tangki pengangkut minyak solar industri dan subsidi dengan cara sesekali terjun ke lokasi bersama polisi.

Pertamina juga berhak mengambil tindakan jika menemukan banyaknya drum minyak penampung solar skala besar yang dicurigai di kawasan-kawasan yang berdekatan dengan lokasi tambang ataupun langsung di lokasi tambang.

"Jika ini tidak dilakukan, berarti pertamina tidak bisa menyangkal ikut mendukung adanya pasokan minyak ke penambang emas ilegal tersebut," pungkas Kepala YARA Aceh Barat, Hamdani.

Komentar

Loading...