Update COVID-19 Aceh

0 Terkonfirmasi
0 Dirawat
0 Sembuh
0 Meninggal

-

Sumber: -

Wujudkan Pembangunan dan Realisasi Pengembangan Daerah Kawasan, BPKS Gelar Sejumlah Pertemuan  

Wujudkan Pembangunan dan Realisasi Pengembangan Daerah Kawasan, BPKS Gelar Sejumlah Pertemuan  

BANDA ACEH, ANTEROACEH.com – Untuk mewujudkan singkronisasi pembangunan dan realisasi pengembangan daerah kawasan, Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Sabang (BPKS) melakukan sejumlah pertemuan, Kamis (17/9/2020). Pertemuan tersebut berlangsung di beberapa tempat.

Pertemuan itu  diantaranya dilakukan dengan Plt. Gubernur Aceh, Bupati Aceh Besar, Kepala Kanwil DJKN Aceh, Kepala Kanwil DJPb Aceh, dan pertemuan dengan Badan Pengelola Migas Aceh (BPMA).

Kepala BPKS Iskandar Zulkarnain mengatakan, pihaknya sengaja menggelar sejumlah pertemuan untuk mewujudkan cita-cita bersama dalam pembangunan dan pengembangan daerah Kawasan Pelabuhan Bebas Sabang.

“Hal ini dilakukan sehingga dapat memberi dampak atau Impact pada masyarakat sesuai yang diamanatkan Undang-Undang 37 tahun 2000 tentang kawasan perdagangan dan pelabuhan bebas Sabang,” ujar Zulkarnain.

Saat pertemuan dengan Plt Gubernur Aceh, Zulkarnain mengatakan bahwa perintah Aceh berharap BPKS mengedepankan Team Work  dalam bekerja, dan tidak pernah mengeluarkan pernyataan yang bersifat politis apalagi menarik BPKS kedalam arena politik

Selain itu pertemuan dengan Plt Gubernur juga membicarakan persoalan disharmonisasi regulasi terkait kewenangan BPKS yang selama ini terjadi. Oleh karena itu,  kedepan BPKS akan membangun komunikasi dengan Kementerian terkait, agar mendapatkan penjelasan yang lengkap dan utuh terhadap kewenangan yang dimiliki oleh DKS maupun BPKS. 

“Terhadap disharmonisasi regulasi yang sudah terjadi harus secepatnya dilaporkan kepada Kemenkumhan untuk dapat dilakukan proses mediasi, dan juga disampaikan kepada pihak terkait lainnya agar dapat dilakukan langkah-langkah penyelesaiannya,” tambahnya.

Kemudian dalam pertemuan dengan Bupati Aceh Besar, Mawardi Ali, menaruh keyakinan besar terhadap manajemen baru BPKS untuk memperbaiki kinerja dalam membangun, mengelola, dan mengembangkan Kawasan Sabang.

“Komunikasi sangat penting kita lakukan, yang diikuti dengan singkronisasi dalam program pembangunan dalam Kawasan Sabang, terutama dalam wilayah Pulo Aceh. Untuk itu dibutuhkan dukungan dukungan dari semua pihak baik di Aceh maupun di tingkat nasional,” kata Zulkarnain.

Dalam pertemuan dengan DJKN Aceh,  Kepala Kanwil DJKN Aceh berjanji akan membantu secara penuh dan maksimal terkait dengan proses penataan dan penetapan status penggunaan (PSP) aset BPKS, sehingga BPKS bisa memanfaatkan aset yang dimilki untuk meningkatkan Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) BPKS; dan

“Kita dari manajemen BPKS harus bekerja keras untuk mempercepat proses penataan dan penetapan aset yang dimiliki, karena jumlah dan nilai aset yang dimiliki sangat besar,” ucapnya.

Adapun pertemuan dengan Kepala Kanwil DJPb Aceh, membicarakan tentang pengelolaan APBN, sebab APBN tersebut harus dilakukan sesuai dengan prosedur dan aturan yang berlaku, dan kondisi pengelolaan APBN di BPKS yang masih sangat lemah harus segera diperbaiki

“Badan Layanan Umum (BLU) pada prinsipnya tidak mengedepankan keuntungan, namun yang diutamakan adalah layanan bisnis yang sehat,” tambahnya lagi.

Sementara itu, dalam pertemuan dengan BPMA, Zulkarnain menyebutkan bahwa pihaknya kembali mengusulkan kesepakatan yang sudah terbangun sebelumnnya, guna menentukan langkah-langkah yang akan dilakukan selanjutnya.

“Nanti kita akan membentuk Tim Bersama (BPKS dan BPMA) untuk mempermudah komunikasi dan percepatan langkah dan skema kerja kedepan,” tutup Zulkarnain.

Turut hadir dalam sejumlah pertemuan yang dilakukan, Kepala BPKS Iskandar Zulkarnain, Wakil Kepala    T. Zanuarsyah, Deputi Umum Abdul Manan, Deputi Pengawasan Zamzami, Deputi Tekbang Azwar Husein, Deputi Komersia dan Investasi Erwanto, dan Anggota Dewas Mawardi.

Komentar

Loading...