Update COVID-19 Aceh

0 Terkonfirmasi
0 Dirawat
0 Sembuh
0 Meninggal

-

Sumber: -

Wow, RSUD Cut Nyak Dhien Meulaboh Kini Miliki Alat USG 4 Dimensi

Wow, RSUD Cut Nyak Dhien Meulaboh Kini Miliki Alat USG 4 Dimensi
Foto : ANTARA

ANTEROACEH.com - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cut Nyak Dhien Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, kini memiliki alat ultrasonografi/sonogram (USG) empat dimensi Volisun E-8 guna meningkatkan pelayanan medis bagi masyarakat di daerah itu khususnya ibu hamil.

Alat tersebut diklaim satu-satunya alat tercanggih yang saat ini dimiliki di rumah sakit pemerintah di Provinsi Aceh.

"Alat ini merupakan salah satu alat pendukung kesehatan khususnya untuk mendukung pemeriksaan kandungan serta berbagai penyakit di dalam tubuh pasien," kata Direktur RSUD Cut Nyak Dhien Meulaboh, dr HM Furqansyah kepada ANTARA, Senin.

Salah satu keunggulan alat USG tersebut, kata dia, khusus bagi ibu hamil/mengandung diatas usia 26-34 minggu maka akan secara langsung dapat melihat bentuk wajah, kelamin serta berbagai bagian tubuh calon bayi yang ada di dalam kandungan.

Hal ini juga akan memudahkan dokter kandungan untuk memberikan vitamin dan melihat perkembangan/kondisi janin di dalam kandungan.

Selain itu, alat tersebut juga dapat membantu prose pemeriksaan medis kepada pasien yang mengalami penyakit di dalam tubuh atau organ tubuh yang sakit, sehingga sangat membantu dokter untuk melakukan pencegahan dan pengobatan kepada pasien.

"Semoga dengan hadirnya alat canggih ini, pelayanan kesehatan kepada masyarakat khususnya ibu hamil akan semakin lebih baik di Aceh Barat," kata dr HM Furqansyah.

Sementara itu, Bupati Aceh Barat H Ramli MS mengatakan alat pendukung kesehatan yang sudah dibeli menggunakan dana daerah itu, diharapkan dapat digunakan untuk membantu masyarakat yang membutuhkan layanan kesehatan di rumah sakit milik pemerintah daerah.

Ia berharap alat canggih tersebut digunakan oleh tenaga ahli dan terlatih, sehingga nantinya hasil pemeriksaan medis akan lebih maksimal dan memuaskan.

"Pemerintah Kabupaten Aceh Barat akan terus berupaya meningkatkan layanan kesehatan bagi masyarakat, sehingga warga tidak perlu jauh-jauh lagi berobat ke luar daerah karena harus mengeluarkan biaya yang mahal," katanya.

Komentar

Loading...