Wisata Mancing Sambil Menikmati Sunset di PPI Ujong Serangga Abdya

Wisata Mancing Sambil Menikmati Sunset di PPI Ujong Serangga Abdya
Seorang warga terlihat sedang memancing ikan di atas tanggul pemecah ombak di PPI Ujong Serangga, Abdya (Foto: Ilyas)

BLANGPIDIE, ANTEROACEH.com – Hari mulai beranjak petang, matahari mulai turun ke peraduan. Jam berukuran besar di AW Kupi, Blangpidie menujukkan pukul 17.50 WIB.

Saya memacu sepeda motor ke arah Susoh, tujuan saya adalah kawasan Pelabuhan Pendaratan Ikan (PPI) Ujong Serangga terletak di Gampong Padang Baru, Kecamatan Susoh, Kabupaten Aceh Barat Daya. Tak jauh hanya sekitar lima kilometer dari pusat kota Blangpidie.

Lokasi itu tidak hanya terkenal sebagai tempat pendaratan ikan terbesar di Abdya, menawannya pemandangan pantai membuat kawasan di sekitaran PPI Ujong Serangga berkembang menjadi salah satu destininasi wisata di Abdya.

Tidak hanya warga Abdya saja datang berkunjung kesana, wisatawan dari luar daerah juga sering mampir melepaskan penat di pantai Ujong Serangga, menghabiskan waktu sore bersama keluarga, sambil menikmati suguhan sunset yang begitu indah.

Namun bukan hanya pesona pantai dan keindahan sunset saja dimilki PPI Ujong Serangga, yang paling paling menarik lainnya disini adalah tempat memacing. 

PPI Ujung Serangga tak pernah sepi dari pemancing, sejak pagi hingga sore hari mereka datang silih berganti.

Biasanya mereka terlihat berbaris bak serdadu disepanjang tanggul pemecah ombak yang berbentuk melingkar dan menjorok ke laut.

Menurut cerita, aktivitas memancing disana sudah dilakoni masyarakat sejak lama, bahkan jauh sebelum batu pemecah ombak itu dibangun memerintah setahun yang lalu.

“PPI Ujong Serangga memang sudah dijadikan tempat paling ampuh untuk memancing, lokasinya juga tidak jauh dari permukiman warga, ditambah lagi sekarang sudah ada kantin-kantin tempat membeli makanan,” ujar Musliadi sore itu, Jumat (9/4/2021). 

Musliadi adalah warga Gampong Keude Siblah, Kecamatan Blangpidie. Dia mengaku sering datang ke PPI untuk memancing, sebab itu hobinya. Sedangkan hasil tangkapan ikan bukanlah yang utama baginya.

“Tarikan saat mata pancing dimakan ikan itulah menjadi tujuan utama, ada kepuasaan batin saat itu,” ucapnya sambil sesekali menarik ulur katrol pancingnya.

Ada terdapat banyak batu karang di bawah laut sekitaran PPI. Keadaan itu kata  Musliadi membuat ikan menyukainya.

“Kalau air pasang sedang besar, ikan-ikan suka berkumpul, makanya orang lebih ramai disini dari pada di tempat lain,” sambungnya.

Sedangkan untuk ikan yang didapat juga sangat beragam. Musliadi menyebutkan di PPI Ujong Serangga banyak ikan-ikan mahal.

“Banyak ikan-ikan mahal disini, ikan karang, ikan gabu (kuwe), dan gabu mata besar. Sehingga ada kepuasan batin tersendiri saat mata pancing ditarik ikan,” katanya.

Hari kian sore saya mendapat kesempatan menyaksikan sunset yang begitu indah. Tak salah pemancing disini betah berlama-lama selain spot pancing yang bagus ternyata pemandangannya sangat memukau. 

Nah, bagi anda warga Abdya dan sekitarnya punya hobi memancing, belum lengkap rasanya jika tidak tidak pernah merasakan tarikan ikan mahal di Pelabuhan Pendaratan Ikan (PPI) Ujong Serangga.

Komentar

Loading...