Update COVID-19 Aceh

0 Terkonfirmasi
0 Dirawat
0 Sembuh
0 Meninggal

-

Sumber: -

WHO Sebut Akan Pandemi Baru Setelah Covid-19

WHO Sebut Akan Pandemi Baru Setelah Covid-19
Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus. Foto: REUTERS

ANTEROACEH.com - Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus, meminta seluruh masyarakat bersiap menghadapi potensi pandemi berikutnya. Padahal saat ini pandemi Covid-19 masih berlangsung.

 Bahkan sejak muncul pertama kali Wuhan, Hubei, China pada akhir 2019 lalu sedikitnya sudah 27 juta orang di seluruh dunia terpapar virus tersebut.

"Ini bukan pandemi terakhir," kata Ghebreyesus dalam konferensi pers di Jenewa dikutip dari Reuters, Selasa (8/9/2020).

Namun, Ghebreyesus tidak menjelaskan lebih jauh soal pandemi selanjutnya yang ia maksud. Namun ia mengatakan pernyataan itu berdasarkan sejarah dan fakta di lapangan.

"Sejarah mengajarkan kita bahwa wabah dan pandemi adalah fakta kehidupan. Tetapi ketika pandemi berikutnya datang, dunia harus siap, lebih siap daripada saat ini," ucap dia.

Hingga saat ini tercatat jumlah warga dunia yang terpapar virus corona sebanyak 27,27 juta jiwa. Sementara jumlah pasien sembuh 18,25 juta pasien dan pasien meninggal 889.391 orang.

Selain itu, vaksin dan obat virus corona masih belum ditemukan. Akan tetapi, beberapa negara seperti China, Rusia, Amerika Serikat terus melakukan penelitian terhadap vaksin.

Bahkan vaksin Sinovac dari China kini tengah menjalani uji klinis tahap III di Indonesia. Jika dinyatakan sukses, vaksin itu akan diproduksi massal mulai 2021.

Komentar

Loading...