Wartawan Abdya Ikuti Pelatihan Peningkatan Kapasitas

Wartawan Abdya Ikuti Pelatihan Peningkatan Kapasitas

BLANGPIDIE, ANTEROACEH.com – Sebanyak 30 orang pekerja media yang bertugas di Kabupaten Aceh Barat Daya mengikuti pelatihan peningkatan kapasitas wartawan yang diselenggarakan oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Kamis (8/7/2021) di Bali Resto yang terletak di kawasan pantai Bali, Kecamatan Susoh.

Pelatihan itu menghadirkan Bupati Akmal Ibrahim sebagai pemateri, Akmal memang diketahui mantan wartawan Serambi Indonesia. Selain itu narasumber lain praktisi hukum dari Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA), Khairul Azmi.

Ketua PWI Abdya, Zainun Yusuf dalam sambutannya menyebut kegiatan itu baru pertama kali digelar di Abdya.

Hebatnya kegiatan itu bukan hanya diikuti anggota PWI saja tapi juga diikuti wartawan lain dari Forum Jurnalis Aceh Barat Daya (Forja), Persatuan Wartawan Aceh (PWA), Forum Jurnalis Abdya (FJA) dan Pers Teungku Peukan.

“Saya sangat berbahagia atas terselenggaranya kegiatan ini. Ini membuktikan wartawan di Abdya ini semakin kompak,” kata Zainun yang juga merupakan Kabiro Serambi di Abdya.

Ia berharap kegiatan untuk peningkatkan kapasitas insan pers di daerah itu bisa terus dilaksanakan secara berkesinambungan termasuk uji kompetensi wartawan.

“UKW sangat penting bagi seorang wartawan. Kita sangat mengharapkan dukungan penuh dari Pemkab Abdya untuk penyelenggaraan hal itu,” harap Zainun.

Sementara itu, Wakil Bupati Muslizar MT saat membukan acara itu mengaku sangat bangga atas terselenggaraknnya kegiatan tersebut sebab menurutnya selama ini wartawan sangat membantu kerja-kerja pemerintah.

“Saya atas nama Pemkab Abdya mengucapkan ribuan terima kasih kepada rekan-rekan media yang selama ini ini sangat mendukung kebijakan pemerintah menyangkut pembangunan, sosial, ekonomi dan lainnya,” kata Muslizar.

Muslizar dalam kesempatan itu mengatakan pemerintah sangat terbuka terhadap kritikan dan masukan yang disampaikan oleh rekan media untuk pemabngunan yang lebih baik lagi.

Terakhir, Wabup berharap wartawan dalam menjalankan tugasnya tetap profesional dan menjunjung tinggi kode etik jurnalistik.

“Silahkan beritakan apa yang patut diberitakan, kami tidak berhak mengintervensi dalam hal pemberitaan. yang jelas hadirnya wartawan sangat membantu proses kemajuan daerah, terutama dalam hal penyampaian informasi,” pungkasnya.

Komentar

Loading...