Warga Tolak Usulan Nama Calon Pj Keuchik Gampong Meunasah Abdya

Warga Tolak Usulan Nama Calon Pj Keuchik Gampong Meunasah Abdya

BLANGPIDE, ANTEROACEH.com -  Sejumlah warga Gampong Meunasah, Kecamatan Susoh, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), menolak dua nama yang diusulkan tuha peut sebagai calon Pelaksana Jabatan (Pj) Keuchik.

Alasan penolakan itu lantaran dua nama yang diusulkan tidak melalui musyawarah dengan masyarakat. 

Seorang warga setempat, Dedek mengaku terkejut setelah mengetahui jika dalam usulan tuha peut Gampong ada nama Keuchik defenitif yang saat ini masih aktif. Sementara, satu nama lainnya yakni operator Gampong.

"Sebenarnya kan bisa dilakukan musyawarah dulu untuk menentukan nama calon Pj, bukan asal mengusulkan, ini membuat kami kecewa dengan perangkat gampong," ungkapnya.

Dedek menjelaskan, jika berpedoman pada surat dari Bupati, seharusnya dilakukan musyawarah terlebih dahulu sebelum menetapkan nama-nama calon Pj Keuchik. Bahkan, kata dia, jumlahnya calon sebagai Pj tidak harus dua orang, namun bisa lebih dari dua sesuai yang diusulkan masyarakat.

"Ini tidak ada musyawarah, kabarnya untuk tanda tangan saja para tuha peut dan lorong satu persatu didatangi oleh yang bersangkutan, ada apa hal ini," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Tuha Peut Gampong Meunasah, Kecamatan Susoh, Razali Is membantah jika pihaknya tidak melakukan musyawarah. Sebab, kata dia, usulan dua nama itu sudah melalui mekanisme yang berlaku sesuai surat Bupati.

"Kita sudah melalui mekanisme yang berlaku dengan melakukan musyawarah dengan Tuha Peut dan sejumlah unsur lain di gampong, sehingga menetapkan dua nama itu," kata Razali Is, saat ditemui sejumlah awak media, Selasa (30/3/2021).

Razali menjelaskan, jika memang ada aturan dan masih ada waktu untuk melakukan penambahan lebih dari dua nama sebagai Pj Keuchik, maka pihaknya siap melaksanakan kembali musyawarah di tingkat gampong.

"Jadi begini, kita juga tidak memperkeruh suasana semakin rumit, apabila masih ada waktu untuk dilakukan musyawarah penambahan dua nama lagi sebagai Pj keuchik, kita siap melaksanakan musyawarah kembali. Intinya musyawarah yang sudah dilaksanakan sehingga lahir dua nama itu sudah kita lalui secara aturan dengan musyawarah, bahkan dua nama tersebut sudah diterima oleh Camat," pungkasnya.

Komentar

Loading...