Warga Pedalaman  Aceh Timur Keracunan Gas PT Medco, 250 Jiwa Mengungsi

Warga Pedalaman  Aceh Timur Keracunan Gas PT Medco, 250 Jiwa Mengungsi

IDI, ANTEROACEH.com - Sejumlah warga  Dusun CV 8, Gampong Panton Rayeuk T, Kecamatan Banda Alam, Aceh Timur diduga alami keracunan gas dari proses pencucian dan pembakaran sumur oleh Medco E&P, Jum'at (9/4/2021) pagi.

Informasi yang diperoleh, pembakaran terjadi di sumur Alue Siwah Serdang, Kecamatan Nurussalam, hanya berjarak 1,5 kilometer dari dusun tersebut. Hingga saat ini ada sekitar 26 warga yang harus mendapatkan pertolongan medis, karena merasakan mual, pusing dan muntah-muntah.

Sebagian warga terpapar dievakuasi ke Rumah Sakit Umum Zubir Mahmud di kota Idi, sebagian lainnya masih dirawat di Puskesmas terdekat.

Kabar lainnya paska kejadian PT Medco langsung menghentikan proses pembersihan sumur tersebut. Kemudian ikut mengerahkan tim medis untuk membantu evakuasi masyarakat yang terpapar.

Sementara itu kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Timur Ashadi kepada wartawan mengaku saat ini masih mendata jumlah warga yang terpapar gas yang diduga dari aktifitas PT Medco.

“Data detailnya belum ada, namun jumlah yang terpapar untuk sementara ini sebanyak 26 orang. PT Medco sudah menutup sumur itu, jadi tidak berbahaya lagi,” ungkap Ashadi.

Ia juga menjelaskan, saat ini sebanyak 250 jiwa dari kampung tersebut sudah mengungsi di ke Kantor Camat Banda Alam, karena takut  terpapar gas.

“Tadi kita sudah siapkan tenda untuk warga yang mengungsi, dan kita akan terus memantau kondisi pengungsi dan berkoordinasi dengan para pihak yang lainnya. Pastinya mereka malam akan menginap di kantor camat,” pungkasnya.

Komentar

Loading...