Warga NU Abdya Ziarah dan Silaturahim ke Sejumlah Ulama

Warga NU Abdya Ziarah dan Silaturahim ke Sejumlah Ulama

BLANGPIDIE, ANTEROACEH.com - Dalam rangka menyemarakkan dan memeriahkan Harlah Nahdlatul Ulama ke 95, Warga Nahdliyin Aceh Barat Daya (Abdya) melaksanakan kegiatan Ziarah dan Silaturrahim dengan sejumlah ulama.

Acara yang dipimpin langsung oleh Gus Jufry Yusuf SA.g, MM itu bertujuan untuk mengajak masyarakat Nahdliyin agar senantiasa merawat tradisi aswaja an-Nahdliyah di kabupaten setempat.

Gus Jufry Yusuf, menjelaskan bahwa acara tersebut dimulai pukul 09.00 - 17.00 WIB sesuai rute yang telah di jadwalkan dengan harapan dapat memupuk rasa soliditas dan kekompakan para nahdliyin di Abdya.

"Rute perjalanan ziarah dan silaturahmi ini dimulai dari masjid agung Abdya, kemudian menuju qubbah maqbarah Abu Abubakar Al-Bayani di Kecamatan Babahrot, selanjutnya ke Qubbah Maqbarah Abu Baihaqi Daud di Kecamatan Susoh," ungkapnya, Senin (8/2/2021).

Kemudian, kata Jufry, setelah itu para Nahdliyin menuju ke Kecamatan, Blangpidie yakni ke Qubbah Maqbarah Abu Syam Marfaly selaku mantan Ketua Perti, dan seterusnya ke Qubbah Maqbarah Abuya Syech Mahmud pendiri Dayah Bustanul Huda dan Masjid Jamik Blangpidie.

"Selanjutnya kita juga menuju ke Abuya Abdul Hamid, tepatnya di belakang mentari Swalayan Blangpidie. Kemudian rombongan menuju ke Kecamatan Setia yaitu ke Qubbah Maqbarah Abuya Syech Muhammad Yatim Al-Khalidy (Pendiri NU aceh dan juga Mursyid Thariqoh Naqsyabandiyah Khalidiyah)," jelasnya.

Setelah itu, kata Jufry, rombongan menuju Kecamatan Labuhan Haji untuk Ishoma dan melanjutkan ziarah ke Qubbah Maqbarah Abuya Syech Muda Waly Al-Khalidy Ulama Kharismatik Aceh dan Muara ilmu para santri dayah seluruh Aceh yang samadiah ziarah dipimpin langsung oleh anak beliau Abuya Abdurrauf Waly.

"Agenda ziarah ini berakhir di Labuhan haji, kemudian dilanjutkan agenda silaturrahmi ke ulama, yakni ke Abu Armia diwan pimpinan ponpes jabal nur jadid Kecamatan Lembah Sabil​, yang merupakan ulama awal pendiri NU di Abdya," katanya.

Selanjutnya bertakziah Ke Rumah Almh. Ibunda Tgk. Akmal Abzal yang merupakan Pengurus PWNU Aceh dan juga Ketua KIP Aceh. rute terakhir para nahdliyin bersilaturahmi ke dayah Nurul Ihsan di Kec. tangan-tangan pimpinan Abu Saridin Sulsi yang merupakan dewan Syuriah PCNU abdya. ​

"Seusai dari Kecamatan Tangan-Tangan para rombongan kembali ke masjid Agung Abdya yang menandakan kegiatan ini sudah selesai," pungkasnya.

Komentar

Loading...