Update COVID-19 Aceh

0 Terkonfirmasi
0 Dirawat
0 Sembuh
0 Meninggal

-

Sumber: -

Walikota Lhokseumawe Geram karena  Rohingya Banyak yang  Kabur 

Walikota Lhokseumawe Geram karena  Rohingya Banyak yang  Kabur 

LHOKSEUMAWE, ANTEROACEH.com - Imigran Rohingya  yang kabur dari kamp BLK Kandang, Gampong Meunasah Mee, Kecamatan Muara Dua, Kota Lhokseumawe,  kian hari kian bertambah, kejadian itu membuat Walikota  Suaidi Yahya geram dan meminta UNHCR bertanggungjawab.

Pesan Suaidi Yahya itu disampaikan Asisten III bidang Administrasi Mehrabsyah dalam Diseminasi Penanganan Kejahatan Lintas Negara Penyelundupan Manusia yang digelar Kemen Polhukam RI di  Kampus Universitas Malikussaleh Bukit Indah, Lhokseumawe,  Rabu (18/11/2020).

“Pemko  Lhokseumawe telah  menampung imigran Rohingya dengan pertimbangan rasa kemanusian dan rasa sosial yang tinggi. Sayangnya Rohingya telah melakukan pelanggaran,” kata Mehrabsyah.

Menurutnya Pemko sudah berupaya menangani pengungsi sebaik mungkin. Apalagi pengungsi tersebut sama-sama muslim sebagaimana mayoritas masyarakat Kota Lhokseumawe, tindakan tersebut tidak melawan hukum.

“Tapi kemampuan kami ada batasnya. Selama ini masyarakat kita dikenal ramah,  namun jangan keramahan tersebut dimanfaatkan oleh para sindikat kejahatan untuk membuat gaduh ,” tegasnya lagi.

Ia berharap, saat ini semua pihak  memiliki tanggungjawab sosial untuk menangani pengungsi tersebut, terutama UNHCR yang khusus menangangi pengungsi dunia, juga   pihak NGO.

Selama ini, Mehrabsyah menilai UNHCR terkesan lemah dengan menyerahkan semua tanggungjawab pengungsi korban perang tersebut ke Satgas Pemko Lhokseumawe, padahal secara mandat lembaga di bawah PBB itulah yang paling bertanggungjawab.

Hadir pada acara itu ,  Brigjen Pol Hadi Gunawan  Asisten Deputi Koordinasi Penanganan Kejahatan Transnasional dan Kejahatan Luar Biasa, Kemenko Polhukam RI, Wakapolda Aceh  Brigjen Pol Drs. Raden Purwadi, SH, Direktur HAM dan Kemanusiaan, Kemlu RI Achsanul Habib. 

Ramadansyah Direktur Keamanan Internasional dan Perlucutan Senjata Kemlu RI, Kadiv Imigrasi Kanwil Kemenkumham Aceh, Herdaus, Direskrimum Polda Aceh Kombes Pol Sony Sanjaya, Direktur Polairud Barharkam Polri  AKBP Agung H.S, Dandim 0103/Aceh Utara  Letkol Arm Oke Kistiyanto, SAP dan Pasintel Lanal Lhokseumawe Mayor Laut (KH) Willy Zulkifli dan  Kepala UNHCR  Ann Maymann dan Julia Zakausa

iklan grapela dan tangga seribu
Iklan Batu Berlayar dan masjid tuo

Komentar

Loading...