Update COVID-19 Aceh

0 Terkonfirmasi
0 Dirawat
0 Sembuh
0 Meninggal

-

Sumber: -

Wakil Ketua DPR Aceh: SK Definitif Gubernur Aceh Sudah Final

Wakil Ketua DPR Aceh: SK Definitif Gubernur Aceh Sudah Final

BANDA ACEH, ANTEROACEH.com - Wakil Ketua III Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Aceh Safaruddin mengatakan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) tentang pemberhentian Irwandi Yusuf sebagai Gubernur Aceh periode 2017-2022 tidak dapat diproses oleh DPRA.

Hal itu disebabkan Keppres tersebut keluar di bulan Juli dan baru diterima oleh DPRA pertemgahan bulan Agustus, maka tidak dapat lagi bawa ke Badan Musyawarah (Bamus).

"Sesuai dengan regulasi yang ada, Undang-Undang nomor 10 Tahun 2016 pasal 173 bahwa sejak Keppres itu disampaikan maka DPRA punya waktu sepuluh hari kerja untuk menjadwalkan paripurna dan mengusulkan definitif Wakil Gubernur Aceh Nova Iriansyah sebagai Gubernur Aceh," ucap Safaruddin kepada anteroaceh.com, Kamis (15/10/2020).

Namun saat surat itu diterima sudah lebih dari 10 hari, menurutnya saat ini kewenangan untuk pengusulan Gubernur definitif tersebut dengan sendirinya sudah kembali ke ranah Menteri Dalam Negeri (Mendagri) dan tidak perlu diperdebatkan lagi.

Safaruddin mengatakan hari ini dirinya dan Ketua DPRA mendapatkan informasi dari Mendagri bahwa SK definitif Gubernur Aceh sudah final dan sudah sudah berada di Sekretariat Negara (Setneg) yang nantinya akan disampaikan kepada Mendagri dan diteruskan ke DPRA.

"Tadi juga sempat teman-teman dari Mendagri mengusulkan untuk coba dikonsultasikan persiapan untuk melakukan proses pelantikan. Namun, belum bisa kita agendakan sebelum surat salinan keputusan Presiden itu kita terima. Nanti kita lihat," pungkas Safaruddin.

Komentar

Loading...