Update COVID-19 Aceh

0 Terkonfirmasi
0 Dirawat
0 Sembuh
0 Meninggal

-

Sumber: -

Wabup Abdya Ajak Masyarakat Jaga Adat dan Budaya

Wabup Abdya Ajak Masyarakat Jaga Adat dan Budaya

Blangpidie, Antero Aceh - Seiring jauhnya pergeseran waktu, indentas adat Istiadat dan Budaya ke-Acehan di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Wakil Bupati setempat Muslizar MT mengajak masyarakat untuk selalu menjaga serta melestarikan Adat dan budaya.

Hal itu disampaikannya Muslizar MT dalam pembukaan acara Pembinaan Adat Seumapa Jame, Narit Maja dan Meunasib dalam Kabupaten Aceh Barat Daya yang selenggarakan oleh Majelis Adat Aceh (MAA), di halaman Pendopo wabup Abdya, Gampong Medang Ara, Kecamatan Blangpidie, Selasa Malam (28/8/2018) sekitar pukul 20.30 WIB.

Pada kesempatan itu, Muslizar MT mengatakan, bahwa suatu adat atau kebiasaan yang kokoh akan melahirkan kearifan lokal yang dapat mendorong gerak laju pembangunan dan pemerintah kedepannya.

"Adat kita ini adalah rangkaian nilai-nilai keyakinan sosial yang tumbuh dan berkembang serta mengakar dalam kehidupan bermasyarakat," katanya.

Dijelaskannya, dengan perjalanan zaman yang semakin canggih, adat sudah agak tertinggal sekarang. Seperti dilihat begitu banyak masyarakat dan anak-anak seringkali mendobrak nilai-nilai atau norma-norma yang telah diatur oleh adat istiadat dan budaya Aceh.

"Adat kita memiliki peranan dan kedudukan yang sangat tingggi. Sehingga masyarakat Aceh sangat menjunjung nilai-nilai adat itu.Namun, seiring dengan lajunya perkembangan zaman tidak dapat dihindari banyak terjadi pergeseran hati ini kita lihat," jelasnya.

Terahir, ia berharap adat istiadat masyarakat Aceh khususnya Abdya bisa terus untuk dilestarikan dan dikembangkan. Karena dalamnya terkandung nilai sejarah dan pesan moral bagi seluruh masyarakat. Sehinggga bisa terus mengaktualisasi, mengimplementasikan tentang Adat dan Budaya Aceh ke masyarakat luas termasuk ke generasi penerus nantinya.

"Dengan adanya kegiatan MAA ini, kita bisa bermamfaat dan melestarikan warisan budaya yang dimiliki oleh masyarakat. Khususnya masyarakat Abdya, yang keberadaannya perlu terus dibina, dilestarikan serta dikembangkan," harapnya.

Turut hadir dalam acara tersebut yakni Forkopindakab Abdya, ketua pengurus MMA Aceh, ketua dan pengurus MAA Abdya, Kepala SKPK, para tokoh agama, tokoh masyarakat, pemuda, perempuan serta tamu undangan lainnya.(Yas)

Komentar

Loading...