Update COVID-19 Aceh

0 Terkonfirmasi
0 Dirawat
0 Sembuh
0 Meninggal

-

Sumber: -

Virus Corona Masuk Indonesia, Harga Masker Capai Rp 200.000 Hingga Rp 2 Juta/Kotak

Virus Corona Masuk Indonesia, Harga Masker Capai Rp 200.000 Hingga Rp 2 Juta/Kotak
Toko masker di Pasar Pramuka (Foto: merdeka.com)

ANTEROACEH.com - Seiring maraknya pemberitaan terkait wabah Virus Corona atau Covid-19 membuat masker kini menjadi barang yang sulit ditemui. Imbasnya harga jual masker melonjak tinggi.

Pantauan di Pasar Pramuka yang tersohor sebagai pusat penjualan berbagai macam alat medis di Jakarta, harga jual masker bisa menyentuh 15 kali lipatnya.

"Dari Rp 20.000 per box pas belum ramai Corona, sekarang bisa Rp 300.000, itu yang biasa (masker)," tegas Yunus saat melayani pembeli di Pasar Pramuka, Jakarta, Selasa (3/3/2020).

Bahkan, dia menyebut untuk jenis masker N95 harganya bisa mencapai Rp 2 juta per kotak. Yunus kemudian mengklaim bahwa stok persediaan masker sudah berkurang dan tidak mampu memenuhi kebutuhan konsumen. "Belum ada kiriman (masker) lagi," imbuhnya.

Tingginya harga jual produk masker sendiri dipicu aksi borong oleh sejumlah pembeli sejak ramai kabar virus corona, yang menyebabkan masker menjadi langka di pasaran. "Mulai Februari kemarin yang beli banyak. Sehari bisa mencapai dua ratus orang dan satu pembeli bisa dua sampai sepuluh box," sahut dia.

Salah satu masyarakat yang akan membeli masker, Dewi mengurungkan niatnya saat mengetahui harga masker sudah melonjak naik di sejumlah pedagang Pasar Pramuka.

"Mending tidak usah mas, naik semuanya. Biasanya juga Rp 20.000 tiba-tiba hampir Rp 300.000," ujarnya kaget.

Dewi menuturkan lebih memilih untuk menjaga pola hidup sehat keluarganya, dibanding harus membeli masker dengan harga jual yang tinggi.

Dia kemudian berharap pemerintah maupun dinas terkait untuk melakukan sidak pasar, guna menurunkan harga jual masker akibat langkanya masker di pasaran. "Ya harusnya didatangin (sidak), kan harga naik," tutup dia.

Komentar

Loading...