Update COVID-19 Aceh

0 Terkonfirmasi
0 Dirawat
0 Sembuh
0 Meninggal

-

Sumber: -

Usai Mediasi dengan Polisi, Warga Buka Blokir Jalan PT MIFA

Usai Mediasi dengan Polisi, Warga Buka Blokir Jalan PT MIFA

MEULABOH, ANTEROACEH.com - Warga akhirnya membuka palang blokir jalan lingkar PT MIFA Bersaudara di Gampong Peunaga Cut Ujong, Kecamatan Meureubo, Aceh Barat , setelah terjadi mediasi dengan kepolisian setempat pada Senin (8/2/2021) sore.

Agus, Geuchik Gampong Peunaga Cut Ujong membenarkan warga telah membuka blokiran jalan sekitar pukul 15.30 WIB setelah terjadi kesepakatan dengan pihak kepolisian dari Polsek Meureubo. 

“Tadi kita mediasi dengan polisi, mereka  meminta warga membuka blokir . soal tuntutan itu kita diminta temui Pemerintah Kabupaten  Aceh Barat . Akhirnya warga sepakat dengan saran polisi  kemudian jalan kita buka kembali,” terang Agus.

Katanya, usai pembukaan jalan kembali, hilir mudik kendaraan dari perusahaan ke kawasan pelabuhan kembali normal.

“Rencana warga dalam waktu dekat, akan menyurati bupati agar bersedia bertemu dengan masyarakat. Harapannya masalah ini tidak lagi berlarut dan MIFA bisa membayar ganti rugi lahan yang terkena polusi pabrik,” jelasnya lagi.

Sebelumnya dikabarkan, puluhan warga memblokir jalan lingkar  PT MIFA Bersaudara  di Gampong Peunaga Cut Ujong, Kecamatan Merbo, Aceh Barat, Senin (8/2/2021) dengan cara memasang spanduk melintang jalan  sehingga arus lalu lintas kendaraan perusahaan batu bara tersebut terhenti.

Aksi tersebut bentuk protes warga yang menuntut pembebasan lahan pemukiman mereka yang tercemar debu olahan batu bara sejak 2018 lalu. Selain memasang spanduk, warga juga mendirikan tenda di lokasi tersebut.

Aksi tersebut mulai digelar sekitar pukul 09.00 WIB saat arus truk batubara dari pabrik ke port MIFA sedang ramai.

Komentar

Loading...