Tukang Somay di Aceh Timur Daftar Haji Dengan 25 Ribu Keping Uang Koin Pecahan Rp. 1.000 Hasil Celeng

Tukang Somay di Aceh Timur Daftar Haji Dengan 25 Ribu Keping Uang Koin Pecahan Rp. 1.000 Hasil Celeng

BANDA ACEH, ANTEROACEH.com – Seorang penjual somay bernama Siti Maftuhah (37) warga Gampong Akoja, Kecamatan Alue Ie Mirah, Aceh Timur akhirnya mendapatkan nomor porsi untuk berangkat haji.

Nomor porsi itu ia terima setelah mendaftarkan diri ke Kamenag Aceh Timur pada Senin (24/8/2020) kemarin. Ia didampingi sang suami Nurkhalis mendaftarkan diri dengan membawa uang receh pecehan Rp. 1.000 yang ia tabung selama 2 tahun terakhir dari hasil penjualan somay.

Tak tanggung-tanggung jumlah uang koin yang dikumpulkan dan diserahkan ke Kamenag mencapai Rp.25 juta atau 25 ribu uang koin. Uang itu dibungkung dalam plastic ukuran 1,5 Kg.

Siti mengatakan uang yang ia gunakan itu merupakan hasil celengan selama 2 tahun.

“Hari ini, uangnya saya gunakan untuk daftar haji, saya bersyukur kepada Allah, atas kuasanya saya bisa menabung,” kata Siti Maftuhah sebagaimana dilansir website Kanwil Kamenag Aceh.

Siti menerangkan langkahnya itu juga mendapat dukungan kuat dari suaminya.

“Mudah-mudahan ke depan suami saya juga dapat ikut mendaftar,” katanya.

Selama menjual somay, kebiasaan menabung uang logam ke dalam kertas plastik ukuran 1,5 kg rutin ia lakukan, uangnya pun seragam, yakni pecahan Rp 1.000.

Petugas pendaftaran yang dibantu dua orang Staf Bank Muamalat langsa butuh waktu cukup lama untuk menghitung uang koin yang dibawa Siti.

Setelah dihitung hampir 4 jam, jumlah total Rp 25 juta dan langsung disetor untuk biaya setoran awal pendaftaran haji.

Komentar

Loading...