Update COVID-19 Aceh

0 Terkonfirmasi
0 Dirawat
0 Sembuh
0 Meninggal

-

Sumber: -

Tukang Becak di Tapaktuan Antusias Sosialisasikan JKN-KIS

Tukang Becak di Tapaktuan Antusias Sosialisasikan JKN-KIS

TAPAKTUAN, ANTEROACEH.com - Berbagai inovasi telah dilakukan oleh BPJS Kesehatan dalam meningkatkan kesadaran peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) untuk membayar iuran.

Meski berbagai sosisalisasi secara langsung maupun tak langsung telah dilakukan, langkah BPJS Kesehatan tidak berhenti sampai di situ.

BPJS Kesehatan Cabang Tapaktuan melaksanakan kegiatan sosialisasi ke pusat keramaian bersinergi dengan profesi atau komunitas yang menjadi pusat perhatian masyarakat dan menjadi pusat keramaian seperti yang saat ini dilakukan yaitu membagikan mantel penutup becak yang diharapkan akan wara-wiri di sepanjang Kabupaten Aceh Selatan untuk mensosialisasikan pembayaran iuran JKN-KIS.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Tapaktuan, Asfurina menjelaskan kegiatan ini sebagai upaya peningkatan kesadaran membayar iuran khususnya peserta JKN-KIS segmen PBPU/Mandiri yang menunggak melalui sosialisasi secara intensif dan massif.

“Kita saat ini telah melakukan berupa sosialisasi melalui radio, pemasangan spaduk dan juga BPJS Kesehatan meminta bantuan kepada para pengemudi becak untuk membantu menyebarkan informasi terkait pembayaran iuran dalam program JKN-KIS melalui informasi yang dicetakkan pada mantel penutup becak yang berisi himbauan untuk senantiasa mendaftarkan diri dan keluarga dalam program JKN-KIS dan membayar iuran tepat waktu, dan info seputar channel-channel pembayaran serta cara mengunduh Aplikasi Mobile JKN,” jelasnya.

Asfurina menambahkan akan pentingnya membayar iuran tepat waktu, karena selain agar tidak kesulitan dalam mengakses fasilitas kesehatan bagi diri dan keluarga, dengan membayar iuran tepat waktu berarti peserta JKN-KIS juga ikut berpartisipasi mewujudkan Jaminan Kesehatan Nasional yang berkesinambungan serta merupakan bukti nyata bentuk kepedulian kepada sesame.

Para pengemudi becak terlihat antusias untuk menyebarkan informasi taat bayar iuran tepat waktu tersebut kepada masyarakat terutama orang-orang terdekatnya.

Seperti yang disampaikan salah seorang pengendar becak bernama Ismail. Ia mengatakan sangat bangga bisa menjadi bagian dari suksesnya program JKN-KIS ini.

“Program JKN-KIS ini merupakan tumpuan masyarakat untuk berobat, bayangkan bagi kami yang bekerja sebagai tukang becak harus membayar biaya berobat saat sakit, punya duit dari mana,” ungkap Ismail.

Komentar

Loading...