Update COVID-19 Aceh

0 Terkonfirmasi
0 Dirawat
0 Sembuh
0 Meninggal

-

Sumber: -

Truk Bermuatan Kayu Ilegal dari Pucuk Lembang Menuju Sawang Ditangkap di Tapaktuan

Truk Bermuatan Kayu Ilegal dari Pucuk Lembang Menuju Sawang Ditangkap di Tapaktuan
Ilustrasi.

TAPAKTUAN, ANTEROACEH.com – Sebuah truk bermuatan kayu illegal dari Pucuk Lembang, Kecamatan Kluet Timur yang rencananya akan dibawa ke Kecamatan Sawang berhasil digagalkan oleh personel Satreskrim Polres Aceh Selatan saat melintas di Tapaktuan tepatnya di jalan T. Raja Angkasah, Gampong Pasar.

Kapolres Aceh Selatan, AKBP Ardianto Nugroho didampingi Kasat Reskrim Iptu Zeska Julian Taruna Wijaya dalam konferensi pers, Jum'at (5/6/2020) di Mapolres mengatakan penangkapan itu dilakukan pada 29 Mei 2020 malam atau sekitar pukul 22.00 WIB.

Kapolres menerangkan penangkapan mobil bermuatan sekitar 8,3 M3 kayu jenis rimba campuran itu berdasarkan informasi masyarakat bahwa truk Colt Diesel  BL 8824 AE bermuatan kayu tanpa kelengkapan surat itu melintas dari arah Kotafajar menuju Tapaktuan.

"Mobil itu dikemudikan oleh H (66) warga Ujung Karang, Kecamatan. Saat ini mobil beserta kayu dan sopir telah diamankan di Mapolres," kata AKBP Ardianto.

Berdasarkan keterangan H kepada polisi, kayu itu milik AS (58) warga Ujung Karang, Kecamatan Sawang. Namun kayu tersebut untuk kebutuhan pribadi AS.

"AS pemilik kayu mengaku membeli dari K warga Kluet Timur yang kini menjadi DPO kita," tambahnya.

Jika terbukti para pelaku akan dijerat dengan pasal 12 hutuf d jo pada huruf b subsider pasal 16 jo,  pasal  88 ayat  (1) huruf a dan Undang Undang RI  nomor 18 tahu 2013 Tentang pencegahan dan pemberantasan perusakan hutan dan pasal (55) ayat (1) ke 1e KUH pidana, dengan acaman hukuman paling lama lima tahun kurungan atau denda Rp. 2,5 miliar. || RINTO

Komentar

Loading...