Tren Tanaman Bunga Meningkat di Tengah Pandemi, Dari Hobi Hingga Bisnis

Tren Tanaman Bunga Meningkat di Tengah Pandemi, Dari Hobi Hingga Bisnis

ANTEROACEH.com - Tren menanam bunga hias selama pandemi Covid-19 semakin meningkat di seluruh kalangan masyarakat Indonesia, terutama di Aceh.

Selain menjadi tren kekinian, menanam bunga hias di perkarangan rumah juga bisa hanya sekedar hobi bahkan sebagai ladang penghasilan tambahan.

Maka tak heran, banyak masyarakat di berbagai daerah saat ini berlomba-lomba menanam tanaman hias di rumahnya dan tak jarang di berbagai media sosial tampil berbagai iklan tanaman yang dijual dengan harga yang mencengangkan.

Salah satu jenis tanaman hias yang paling banyak dicari adalah tanaman jenis Aglonema. Tanaman ini berbentuk daun keladi dengan berbagai corak dan motif yang eksotis. Harga jual tanaman ini berkisar antara puluhan sampai ratusan ribu rupiah tergantung ukuran dan corak.

Salah satu jenis tanaman aglonema lipstick yang paling banyak diincar

Salah seorang penjual bunga di kota Meulaboh, Melda Sartika (25) mengatakan ia mulai menggeluti usaha penjualan bunga sejak dua bulan terakhir, berawal dari sekedar hobi.

"Kepikiran jual bunga karena pribadi sendiri juga suka bunga, terutama bunga kaktus dan sukulen. Karena perawatannya lumayan mudah dan cukup disiram atau spray air 1-2 kali seminggu aja," ungkapnya saat ditemui anteroaceh.com di pekarangan rumahnya, Rabu (19/8/2020) sore.

Ia mengaku sebelumnya hanya mengeluarkan modal beberapa ratus ribu saja dan sampai dengan saat ini modalnya sudah kembali bahkan lebih, ungkapnya sambil memasukkan tanah ke dalam pot hitam ukuran kecil.

Ia juga bercerita bahwa bunganya juga sudah terjual ke berbagai daerah di Aceh melalui angkutan umum.

Salah satu jenis tanaman calathea yang juga banyak disukai pembeli.

Selama ini bunga yang dulunya hanya dilirik sebelah mata mulai digandrungi dan dijual dengan harga mencapai jutaan rupiah.

"Bunga yang saya jual ada beberapa jenis, mulai dari bermacam kaktus, sukulen, aglonema, begonia, calathea dan bromelia. Lalu yang paling booming sekarang dikalangan emak-emak ya aglonema dan calathea yang bentuknya unik dan punya corak warna daun yg berbeda," terangnya.

Sementara jenis kaktus dan sukulen merupakan tanaman yang disukai oleh kalangan remaja ia jual dengan kisaran harga Rp. 10 ribu - Rp. 350 ribu per pot tergantung jenis dan ukuran.

jenis kaktus koboi yang banyak diincar konsumen

"Jenis kaktus saat ini yang lagi booming itu adalah jenis gymno dan koboi. Nah, selain jual saya juga terima jika ada yang ingin bertukar jenis bunga," pungkas Melda.

Komentar

Loading...