Update COVID-19 Aceh

0 Terkonfirmasi
0 Dirawat
0 Sembuh
0 Meninggal

-

Sumber: -

Tren Kesembuhan Pasien Positif Covid-19 di Aceh Relatif Tinggi

Tren Kesembuhan Pasien Positif Covid-19 di Aceh Relatif Tinggi

BANDA ACEH, ANTEROACEH.com - Tren angka kesembuhan pasien positif Covid-19 di Aceh jauh lebih tinggi dibandingkan angka kematian.
Selain itu, kasus penambahan pasien positif Covid-19 juga memiliki tren yang bersifat sporadis (tidak teratur). Artinya hari ini bisa jadi ditemukan kasus, besok tidak ada dan lusa kembali ditemukan kasus.

Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Aceh, Saifullah Abdulgani mengatakan yang meninggal atau tidak sembuh sebanyak 10 orang atau hanya 6,17 %.

"Salah satu faktor yang membuat angka kesembuhan tinggi yang pertama itu kebanyakan kasus yang ditemukan pada pasien masih belum parah, dan yang sudah meninggal sebelumnya itu memang berusia lanjut disertai penyakit penyerta (komorbid)," ucapnya saat dihubungi anteroaceh.com, Senin(27/7/2020) sore.

SAG melanjutkan kondisi pasien tersebut akan semakin parah ketika terkena infeksi Covid-19 sehingga tidak tertolong. Sementara pada pasien yang masih berusia muda, akan lebih mudah sembuh karena memiliki antibodi dan imunitas yang masih kuat.

Selain faktor tersebut, pemerintah juga telah mengantisipasi jauh hari dengan menetapkan 13 Rumah Sakit Kabupaten/Kota sebagai tempat rujukan Covid-19 di Aceh, termasuk dua diantaranya yang telah ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan yaitu RSUD Zainal Abidin Banda Aceh dan RS Cut Meutia Lhokseumawe.

"Nah yang ketiga kita juga sudah mempersiapkan ruang perawatan RICU sebelum ada kasus di Aceh yang terletak di RSUDZA yakni bangunan lama rumah sakit tersebut untuk pasien yang memang kondisinya berat seperti sesak napas dan membutuhkan alat bantu pernapasan," tambahnya.

Sementara pasien yang berstatus PDP dan sedang menunggu hasil lab keluar namun kondisinya juga sesak akan di rawat di ruang isolasi Pinere yang memiliki dua ruangan. Selain itu, SAG mengatakan kesigapan petugas medis selama ini juga menjadi faktor kesembuhan pasien.

Pasien yang dinyatakan sembuh dan diperbolehkan pulang adalah mereka yang setalah melakukan test swab dua kali dinyatakan negatif.

Hingga hari ini, pasien positif Covid-19 yang sudah sembuh dan dipulangkan di Aceh berjumlah 94 orang, dan 67 orang lainnya masih dalam perawatan dengan sebaran jumlah 20 orang dirawat di RSUD ZA Banda Aceh, 1 orang di RSCM Lhokseumawe, 1 orang di RSUDYA Tapaktuan dan selebihnya melakukan perawatan dan isolasi mandiri di rumah masing-masing.

"Artikata mereka pasien OTG yang diperoleh dari hasil tracking kerabat dekatnya yang positif dan tidak butuh pelayanan rumah sakit. Mereka tidak diperbolehkan keluar dan hanya berkomunikasi menggunakan alat komunikasi dan tinggal di kamar khusus sendirian," tutup SAG.

Komentar

Loading...