Update COVID-19 Aceh

0 Terkonfirmasi
0 Dirawat
0 Sembuh
0 Meninggal

-

Sumber: -

Transformasi STAIN GP Menjadi IAIN Diharapkan Mampu Berkontribusi Bagi Dunia Pendidikan Dataran Tinggi Gayo

Transformasi STAIN GP Menjadi IAIN Diharapkan Mampu Berkontribusi Bagi Dunia Pendidikan Dataran Tinggi Gayo

TAKENGON, ANTEROACEH.com - Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Gajah Putih Takengon menggelar kegitaan Focus Grup Discusion (FGD) dalam rangka persiapan perubahan status bagi perguruan tinggi tersebut dari STAIN Gajah Putih menjadi IAIN Takengon, Sabtu (26/10/2019). 

Bertempat di gedung Aula Kampus STAIN GP, Jln Yos Sudarso Kampung Blang Kolak Takengon, acara diskusi ini dihadiri oleh beberapa pejabat dari pusat seperti Asdep Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Kemensetneg RI, Hanung Cahyono. Kabid Agama dan Ristek, Dyah Arianti. Kasubdit Agama dan Pendidikan, Deriansyag RS.  Kasubdit HPP/KL2 Ditjen Anggaran Kemenkeu, Mujibuddawah. Karo Ortala Kemenag, Afrizal Zen. Kasubbag Penataan Organisasi dan Asjab 3, Al Mujadillah. 

Bupati Aceh Tengah, Shabela Abubakar yang juga turut menghadiri kegiatan tersebut kepada wartawan mengatakan, ia sangat mengharapkan dengan berubahnya status STAIN menjadi IAIN kelak, kampus ini bisa menjadi kampus kebanggaan masyarakat dataran tinggi gayo. 

Menurut Shabela, kehadiran STAIN GP telah banyak memberikan dalam peningkatan tehadap akses dunia pendidikan di Takengon, dimana ketersesiaan dan keterjangkauan lembaga perguruan tinggi berkualitas merupakan keniscayaan untuk mempersiapkan SDM yang berkualitas yang mampu berperan aktif dalam persaingan global. 

"STAIN Gajah Putih telah menunjukkan kiprahnya menjadi satu perguruan tinggi yang membuka akses pendidikan tinggi sehingga membentuk SDM berkualitas yang mampu bersaing dalam era globalisasi saat ini," ujar Bupati.

STAIN GP, kata Bupati, merupakan satu-satunya sekolah tinggi negeri yang ada di wilayah bahagian tengah saat ini, yang meliputi empat kabupaten, Aceh Tengah, Bener Meriah, Gayo Lues dan Aceh Tenggara. 

Sejalan dengan peningkatan status ini, katanya Bupati berharap agar pihak kampus mampu memberi kontribusi yang lebih besar bagi peningkatan mutu dan kualitas SDM khususnya bagi masyarakat gayo.

Dengan demikian, lanjutnya, seiring perkembangan tersebut, pihak kampus harus mampu mengimbangi upaya tersebut dengan menerapkan metode pendidikan yang lebih maju. Sehingga target capaian peningkatan kualitas kelulusan dan pendidikan tercapai seperti yang diharapkan. 

"Peningkatan tenaga pengajar dan tingkat kelulusan menjadi suatu keniscayaan yang harus dicapai secara bersama, sehingga ada peningkatan setiap tahunnya," ujarnya.

Bela menyatakan Pemkab Aceh Tengah mendukung sepenuhnya proses transformasi peningkatan status STAIN GP menjadi IAIN Takengon. 

"Kita sangat mendukung proses transformasi ini, kita berharap, jika syarat sudah lengkap, semoga segera di sahkan," pungkas Bela.| ROBBY

Komentar

Loading...