Tiga Masjid Besar di Lhokseumawe Tetap Gelar Shalat Jum’at Seperti Biasa

Tiga Masjid Besar di Lhokseumawe Tetap Gelar Shalat Jum’at Seperti Biasa

LHOKSEUMAWE, ANTEROACEH.com – Meski MPU Aceh telah mengeluarkan tausyiah selama wabah Covid 19 bisa mengganti shalat jum’at dengan shalat dhuhur namun tiga masjid besar di Kota Lhokseumawe tetap menjalankan shalat jum’at seperti biasanya.

Amatan anteroaceh.com, Jum’at (3/4/2020), tiga masjid yang terletak di pusat Kota Lhokseumawe seperti masjid Agung Islamic Center, masjid Jamik Lancang Garam dan masjid Baiturrahman tetap melaksanakan shalat jum’at.

Salah seorang Jemaah shalat jum’at di masjid Islamic Center, Raja yang ditemui mengatakan dirinya dan jamaah lain tetap melaksanakan shalat jum’at seperti biasanya.

"Bedanya dalam masjid tak disediakan sajadah atau karpet shalat di lantai saja yang terpenting sholat tetap jalan,” ujarnya. 

Ia melanjutkan shaf shalat juga masih rapat seperti biasa, “Shafnya juga seperti biasa tak ada yang jaga jarak," tambahnya.

Terpisah Wali Kota Lhokseumawe, Suaidi Yahya mengatakan, Pemerintah Kota Lhokseumawe sebelumnya telah mengeluarkan imbauan bahwa pihaknya tidak melarang untuk tidak shalat di masjid.

Suaidi Yahya juga mengatakan, yang perlu dipahami oleh masyarakat bahwa, shalat jum’at di rumah boleh saja karena dalam kondisi darurat, berbahaya contohnya seperti kondisi saat ini guna pencegahan virus corona.

"Menurut saya apabila ada yang shalat shafnya harus jaga jarak satu meter atau dua meter lebih baik shalat di rumah saja. Tetapi apabila ada jamaah ada yang melaksanakan shalat jum’at shafnya dibatasi terserah jamaah saja," pungkas Suaidi Yahya.

Komentar

Loading...