Update COVID-19 Aceh

0 Terkonfirmasi
0 Dirawat
0 Sembuh
0 Meninggal

-

Sumber: -

The Jokowi Center Minta MPU Berdialog dengan MPTT

The Jokowi Center Minta MPU Berdialog dengan MPTT
Direktur Eksekutif The Jokowi Center Teuku Neta Firdaus bersama Presiden Jokowi. Foto: Ist

BANDA ACEH, ANTEROACEH.com – Terkait keluarnya tausiah Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh yang ditujukan kepada pemerintah Aceh agar menghentikan kegiatan pengajian Majelis Pengkajian Tauhid Tasawuf (MPTT) mendapat tanggapan dari Direktur Eksekutif The Jokowi Center Teuku Neta Firdaus.

Dalam rilis yang diterima anteroaceh.com, Rabu (21/10/2020) ia meminta MPU berdialog dengan pengurus MPTT. 

Menurut Teuku Neta, MPTT adalah kelompok pengajian zikir yang dipimpin oleh Abuya Syekh H Amran Waly Al Khalidi. 

“Dalam pengajiannya juga tidak menyebutkan jika Nabi Muhammad itu Tuhan,” tulisnya. 

“Tidak selayaknya MPU Aceh mengeluarkan tausiah penghentian kegiatan MPTT.  Lebih baik dan akan lebih sejuk jika MPU mengajak MPTT bermuzakarah mencari titik temu,” pinta Teuku Neta.

Teuku Neta mendorong MPU membuat muzakarah atau diskusi, mencari dimana kegiatan MPTT yang tidak sesuai. 

“Kami menolak kekerasan dan tindakan anarki seperti yang dialami jamaah MPPT di Kabupaten Aceh Barat Daya bulan lalu,” tambahnya. 

Teuku Neta juga menyampaikan jika pengurus MPTT pernah mengirim surat ke MUI dan Kemenang terkait keberadaan kitab Insan Kamil. Dan jawaban MUI bahwa kitab itu muktabar dan  boleh dibaca dan diajarkan terutama bagi majelis Tareqat.  

Sedangkan jawaban Kemenag RI yakni kitab itu muktabar dan lazim dipelajari oleh ahli tariqah dan merekomendasikan untuk dibaca dan diajarkan.

Teuku Neta menegaskan jika tidak ada respons dari MPU Aceh untuk berdialog dengan MPTT ia akan sampaikan hal tersebut kepada pemerintah pusat, dalam hal ini Sekjen kemenag RI.

Komentar

Loading...