Terima SK Asimilasi, 52 Napi Lapas Kelas IIB Lhoksukon Dibebaskan

Terima SK Asimilasi, 52 Napi Lapas Kelas IIB Lhoksukon Dibebaskan
Pemberian SK asimilasi kepada 52 narapidana Lapas Kelas IIB Lhoksukon, Aceh Utara.

LHOKSUKON, ANTEROACEH.com - Sebanyak 52 narapidana Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Lhoksukon, Aceh Utara, Kamis (2/4/2020) dibebaskan setelah mendapat SK asimilasi. Hal itu merupakan salah satu program untuk mengantisipasi over kapasitas.

Kepala Lapas Kelas IIB Lhoksukon, Yusnaidi kepada ANTEROACEH.com menyebutkan, pemberian SK asimilasi tersebut berdasarkan Peraturan Menteri Hukum dan HAM RI Nomor 10 Tahun 2020 tentang syarat pemberian asimilasi dan hak integrasi bagi narapidana dan anak dalam rangka pencegahan dan penanggulangan penyebaran Covid-19.

"Ini suatu hal yang luar biasa, karena juga merupakan salah satu program untuk mengantisipasi over kapasitas. Setelah adanya asimilasi ini, jumlah napi dari 373 orang kini berkurang 52 orang," ujar Yusnaidi.

Dijelaskan Yusnaidi, asimilasi diberikan kepada napi yang telah menjalankan setengah dari masa pidananya dan 2/3 jatuh pada 31 Desember 2020.

"Kita harapkan para narapidana yang telah diberikan kebebasan untuk menghirup udara bebas tersebut diharapkan dapat menetap di rumahnya masing-masing. Jika narapidana yang diberikan kebebasan tersebut membuat masalah di luar, maka kemungkinan besar SK asimilasinya tersebut akan dicabut dan kembali menjalani hukuman," pungkas Yusnaidi.

Proses penyerahan SK asimilasi secara seremonial tersebut dilakukan langsung oleh Kepala Lapas Kelas IIB Lhoksukon, Yusnaidi S.H yang didampingi pihak Kejaksaan Negeri Aceh Utara. 

Komentar

Loading...