Terima Penghargaan dari KLHK, Dahlan Sebut Hutan Aceh Benteng Terakhir Bagi Keanekaragaman Hayati di Pulau Sumatera

Terima Penghargaan dari KLHK, Dahlan Sebut Hutan Aceh Benteng Terakhir Bagi Keanekaragaman Hayati di Pulau Sumatera

BANDA ACEH, ANTEROACEH.com - Dalam rangkaian Hari Lingkungan Hidup Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) memberikan penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra Tahun 2020 kepada para gubernur, bupati, walikota, dan pimpinan DPRD tingkat provinsi/kabupaten/kota, secara daring dan luring, di Jakarta, Selasa (15/6/2021). 

Dalam laporannya, Sekretaris Jenderal KLHK Bambang Hendroyono, mengatakan proses penilaian Green Leadership Nirwasita Tantra dilakukan melalui beberapa tahapan. 

Dimulai dari penapisan awal, analisa isu priotitas, penilaian tim independen, dan wawancara. Khusus tahun ini, tahap wawancara dilakukan melalui video yang diunggah dalam platform media sosial.

Jumlah pemerintahan daerah yang mengikuti tahapan penilaian tahun ini terdiri dari 21 provinsi, 57 kota dan 146 kabupaten. 

Para penerima dibagi menjadi kategori DPRD Provinsi, dan Kabupaten/Kota; serta Pemerintah Daerah Provinsi, dan Kabupaten/Kota. Selanjutnya kategori Kabupaten/Kota dibagi lagi menjadi sub kategori Kab/Kota besar, sedang, dan kecil.

Dalam Kesempatan itu DPR Aceh ditetapkan sebagai juara kedua penerima penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra kategori DPRD Provinsi, setelah DPRD Sumatera Barat sebagai juara pertama dan DPRD Jambi sebagai juara ketiga.

Sementara untuk DPRD Kabupaten Kecil; Bangka tengah, Belitung, dan Sleman. Kemudian kategori DPRD kabupaten sedang; Sukoharjo, Buleleng, Ponorogo.

Ketegori DPRD Kabupaten besar; Banyumas, Tangerang, dan Boyolali. untuk kategori DPRD kota kecil; Bontang, Sungai Penuh, dan Mojokerto.

Untuk kategori DPRD kota besar; Balikpapan, Surabaya, dan Semarang. Untuk kategori DPRD kota sedang; Ambon, Magelang, dan Madiun

Sementara untuk kategori Pemerintah Daerah Provinsi yaitu DKI Jakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Jawa Tengah. 

Selanjutnya kategori kabupaten kecil yaitu Sleman, Bangka Tengah, dan Belitung; kategori kabupaten sedang yaitu Sukoharjo, Buleleng, dan Polewali Mandar; kategori kabupaten besar yaitu Banyuwangi, Lumajang, dan Malang. 

Kemudian, kategori kota kecil yaitu Bontang, Padang panjang, dan Pariaman; kategori kota sedang yaitu Ambon, Magelang, dan Madiun; kategori kota besar yaitu Surabaya, Semarang dan Balikpapan.

Menteri LHK Siti Nurbaya mengatakan, selain pemerintah pusat, jajaran pemerintahan daerah yaitu kepala daerah dan pimpinan lembaga perwakilan rakyat di daerah serta masyarakat dalam sistem pemerintahan daerah, mempunyai kontribusi sangat penting dalam pengelolaan lingkungan hidup.

"Berbagai inovasi daerah dalam menyelesaikan isu-isu lingkungan merupakan hal yang sangat patut dihargai, karena ia juga merupakan kunci terjaminnya kelestarian lingkungan di daerah," ujar Menteri Siti.

Green leadership merupakan kepemimpinan berwawasan lingkungan, bersemangat, proaktif, penuh inisiatif dan kreatif terhadap kepentingan orang banyak dan alam semesta.

Semangat green atau ramah lingkungan terus berkembang dan menggelora. Begitu juga semangat "green growth" terus beraktualisasi. Pertumbuhan hijau berarti mencapai pertumbuhan dengan penggunaan sumberdaya dan energi secara efisien, 

Paralel dengan semangat green growth itu, pemerintah terus melakukan penyesuaian, sebagaimana kebutuhan sosiologis masyarakat, lokal, nasional maupun internasional, dengan arah dan aktualisasi secara nyata untuk green economy.

Sementara itu Ketua DPRA Dahlan Jamaluddin secara terpisah mengucapkan terima kasih atas penghargaan yang diberikan oleh KLHK.

Politisi partai Aceh itu menyebut, hutan Aceh merupakan benteng terakhir bagi keanekaragaman hayati di pulau Sumatera. 

Dia secara kelembagaan berkomitmen untuk terus mendorong tata kelola hutan dan lingkungan di Aceh melalui penguatan dimensi kelola ekologi, ekonomi dan sosial secara berimbang dan berkelanjutan. 

"Kami juga mendorong pengelolaan hutan dan lingkungan dapat diselenggarakan sesuai karakteristik serta kewenangan khusus yang dimiliki Aceh," pungkas Dahlan.

Iklan Bank Aceh Idul Adha 1442

Komentar

Loading...