Tanpa Listrik dan Air, Pasar Krueng Mane Semrawut  

Tanpa Listrik dan Air, Pasar Krueng Mane Semrawut  

LHOKSUKON, ANTEROACEH.com - Masyarakat dan pedagang di Pasar Krueng Mane, Kecamatan Muara Batu, Aceh Utara mengeluh kondisi pasar sejak beberapa bulan terakhir semrawut, tanpa listrik, pasokan air bersih, penuh sampah dan sangat jorok.

Kondisi tersebut sangat merugikan pedagang, karena turunnya minat beli masyarakat yang  lebih memilih berbelanja ke pasar lain yang lebih bersih dan tertib.

“Tidak ada listrik,  musalla juga tidak terurus, tidak ada air bersih, toiletnya  kotor, sampah dimana-mana, bahkan menumpuk hingga berhari-hari. Sangat semrawut, belum lagi aroma busuk yang membuat pembeli enggan berbelanja kemari,” ungkap Marwan (45) seorang pedagang, Rabu (9/6/2021).

Menurutnya, kondisi tersebut sudah berlangsung lama,  terkesan pasar tidak ada pengelolanya. Padahal uang retribusi tetap dipungut oleh petugas pasar.

Hal sama juga dikatakan pedagang lain, Kak Mah mengaku uang retribusi yang dikutip setiap hari seharusnya digunakan untuk pengelolaan pasar. namun faktanya, Pasar paling ujung barat Aceh Utara tersebut mirip pasar kumuh.

“Tidak ada lagi suplai air bersih ke pasar, tidak ada listrik. Dulu kami dirangkul pak camat agar berlapak di dalam pasar, sekarang seperti ini kondisinya. Bila begini terus kami bangkrut,  kami akan pindah keluar pasar,” ungkap Kak Mah.

Para pedagang menduga  tidak ada suplai air bersih ke dalam pasar yang terletak di Gampong Mane Tunong tersebut  akibat meteran air  sudah dijual ke pihak lain.

“Kami ini pedagang kecil, tidak berharap banyak kepada pemerintah. Kelola pasar dengan baik agar masyarakat datang berbelanja dan kamipun bisa hidup dengan dagangan ini, jangan sebaliknya menjauhkan masyarakat  untuk berbelanja, sekali lagi tolong perhatikan kami dan pasar ini,” pungkasnya.

Komentar

Loading...