Update COVID-19 Aceh

0 Terkonfirmasi
0 Dirawat
0 Sembuh
0 Meninggal

-

Sumber: -

Tangkapan Udang Sabu di Abdya Melimpah

Tangkapan Udang Sabu di Abdya Melimpah

BLANGPIDIE, ANTEROACEH.com ÔÇô Tangkapan udang rebon oleh nelayan tradisional dan masyarakat Gampong Kedai Susoh, Kecamatan Sudoh tepatnya di pesisir bibir pantai Jilbab Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) melimpah, Selasa (30/7/2019).

Udang rebon atau lebih dikenal oleh masyarakat setempat dengan sebutan udang sabu dalam dua hari terakhir memang sedang melimpah.

Sadiruddin salah penampung undang rebon di lokasi mengatakan, musim udang rebon dalam setahun hanya sekali. Namun saat musim bisa mencapai dua hari hingga empat hari bahkan mencapai satu pekan.

"Cara menangkapnya masyarakat menggunakan alat tradisional dengan jaring kelambu lebar 2,5 meter yang diikat pada dua batang bambu sepanjang 3,5 meter," ungkapnya kepada ANTEROACEH.com, Selasa (30/7/2019).

Jika tiba musim panen udang rebon, kata dia, banyak nelayan tradisional perahu robin beralih profesi menangkap udang rebon di sepanjang pantai Susoh.

Sabaruddin menjelaskan, Udang rebon satu keranjang berisi 7 kilogram dihargai Rp 160 ribu. Kemudian, lanjutnya, pihaknya akan melakukan pengeringan udang rebon untuk di jual ke Banda Aceh dan Medan, Sumatera Utara.

"Kita tidak mengolah menjadi terasi, tapi usai kita keringkan udang sabu ini akan dikirim ke Banda Aceh dan Medan untuk dijual disana," pungkasnya.

iklan grapela dan tangga seribu
Iklan Batu Berlayar dan masjid tuo

Komentar

Loading...