Tak Ada Uang Makan Penderita Kanker Usus Ini Terpaksa Keluar dari RSU Zainal Abidin

Tak Ada Uang Makan Penderita Kanker Usus Ini Terpaksa Keluar dari RSU Zainal Abidin

LHOKSEUMAWE, ANTEROACEH.com - Irwan (26) penderita kanker usus dan tumor akut asal Kota Lhokseumawe  di perut terpaksa dikeluarkan dari Rumah Sakit Umum Zainal Abidin, Banda Aceh oleh pihak keluarga, karena kehabisan uang makan. Bahkan pihak keluarga sempat berpuasa sembari berharap bantuan.

Kabar miris itu diungkap Khairul Akmal dari Lembaga Peduli Duafa Indonesia (LPDI) Kota Lhokseumawe kepada ANTEROACEH.com, Sabtu (16/11/2019). Menurutnya, kejadian miris tersebut terjadi 2 bulan lalu. Saat itu pihak keluarga miskin tersebut tak   lagi memiliki biaya makan untuk mendampingi Irwan selama berobat disana.

“Kami baru saja mengunjungi Irwan di RSU Cut Meutia, Buket Rata Lhokseumawe. Adik Irwan, Susi mengaku dua bulan lalu, abangnya dirawat di RSU Zainal Abidin Banda Aceh, tapi karena tidak ada lagi uang makan, keluarga terpaksa membawa  pulang abangnya ke kampung,” kata Khairul Akmal.

Saat disambangi LPDI, Irwan terus mengerang kesakitan dibagian perut, tubuhnya semakin kurus. Sebelum sakit, pemuda itu adalah tulang punggung ekonomi keluarga, namun sejak sakit, keluarga hanya bisa berharap dari bantuan masyarakat sekitar dan kerabat.

Kepada LPDI, Susi mengaku abangnya sempat dirawat selama 22 hari, dan dijaga sendiri olehnya.karena ibu telah lama meninggal dunia, sedangkan ayahnya sudah tua, sering sakit, jadi tidak mampu membantu menjaga Irwan.

“Sudah dua tahun Irwan sakit, selama itu pula semua harta dan uang dihabiskan untuk biaya berobat ke rumah sakit dan berobat tradisional. Tapi sekarang semakin parah. Mereka tidak punya lagi uang,” jelas Khairul Akmal.

Keluarga Irwan tinggal di rumah mirip gubuk di tanah milik keluarga besar ayahnya, disitu juga ada dua rumah milik saudara mereka. kedua kelaurga itu juga orang miskin, bahkan rumah Mak Cik (adik perempuan ayah Irwan) menghuni rumah berdinding tepas.

“Kami sangat berharap, bantuan dan donasi dari berbagai pihak, untuk membantu biaya perobatan Irwan. Apalagi dalam waktu dekat, pemuda itu harus dirujuk ke Medan untuk mendapat penanganan  lebih intensif,” tambah Khairul.

Untuk donasi, masyarakat bisa menyalurkan bantuan melalui LPDI Kota Lhokseumawe , via rekenin  Bank BNI 453315197 dan konfirmasi ke nomor HP/WA 085260920960 (AKMAL/Ketua LPDI Kota Lhokseumawe) atau bisa datang langsung ke kediaman Irwan Gampong Rayeuk Kareung Kecamatan Blang Mangat Kota Lhokseumawe.

Komentar

Loading...