Sungai Alas Meluap, Dua Gampong di Aceh Selatan Terendam Banjir

Sungai Alas Meluap, Dua Gampong di Aceh Selatan Terendam Banjir
Kondisi rumah warga di Kecamatan Trumon Tengah yang terendam banjir akibat meluapnya sungai Alas, Aceh Singkil (Foto: ist)

TAPAKTUAN, ANTEROACEH.com – Gampong Lhok Raya dan Cot Bayu, Kecamatan Trumon Tengah, Kabupaten Aceh Selatan terendam banjir dengan ketinggian air 50 hingga 70 centimeter.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Selatan, Cut Syazalisma mengatakan, air yang menggenangi rumah warga tersebut merupakan banjir kiriman disebabkan meluapnya sungai Alas, Aceh Singkil.

"Air yang memasuki kerumah warga berasal air kiriman luapan sungai Alas Aceh Singkil," ungkap Syazalisma melalui laporan yang diterima anteroaceh.com, Kamis (20/5/2021).

Saat ini kata Syazalisma, pihaknya sudah mensiagakan personel untuk terus melakukan pemantauan dan pendataan warga yang terdampak.

"Kita sudah menurunkan perahu piber untuk memudahkan trnsportasi masyarakat, karna akses jalan menuju gampong Cot Bayu sudah tidak bisa lagi dilalui kendaraan," jelasnya.

Selain itu, kata Syazalisma, pihaknya sudah berkoordinasi dengan rekan- rekan di perbatasan Aceh Selatan - Subulussalam untuk melakukan pemantauan debit air sungai Lawe Soraya di gampong Gelombang.

"Informasi yang kita terima sementara, debit air sungai sudah mengalami penurunan sejak dari kemarin, dan kita berharap tidak lagi terjadi hujan dengan intensitas tinggi agar aliran sungai Lawe Alas -Singkil tidak lagi meluap sehingga banjir tidak lagi pemukiman masyarakat," pungkasnya.

Komentar

Loading...