Sudahkah Kita Memakai Masker Dengan Benar ?

Sudahkah Kita Memakai Masker Dengan Benar ?

MEULABOH, ANTEROACEH.com - Salah satu cara pencegahan diri yang dilakukan masyarakat agar tidak tertular virus Corona (COVID 19) adalah dengan memakai masker.

Sementara stok masker langka di pasaran dan hanya orang - orang tertentu yang mendapatkan masker. Untuk yang tidak mendapatkan masker upaya pencegah masih dapat dilakukan dengan menetapkan jarak ketika harus bertemu atau berada di keramaian. 

Pertanyaannya saat ini adalah kapan masker itu sebenarnya diharuskan untuk dipakai ?, Apakah selama ini kita sudah memakainya dengan benar sesuai petunjuk dokter ?.

Dilansir dari website resmi WHO, ada beberapa arahan yang dikeluarkan lembaga kesehatan dunia tersebut terkait kapan dan bagaimana cara menggunakan masker yang benar untuk mencegah penularan virus COVID 19.

Dalam video berdurai 1:26 menit itu, Konsultan Pencegahan dan Pengendalian Infeksi WHO, Cristine Francis mengatakan bahwa penggunaan masker tidak menjamin seseorang tidak terinfeksi. Masker hanya di rekomendasikan pada orang yang memiliki gejala batuk, deman dan sesak napas.

"Jika seseorang tidak mempunyai gejala tersebut, tidak diharuskan pakai masker karena tidak ada bukti masker bisa melindungi orang yang tidak sakit," ucapnya.

Lebih lanjut Cristine menjelaskan, masker hanya dipakai bagi orang sehat ketika orang itu menangani atau berada di ruang yang sama dengan orang positif COVID 19.

Untuk penggunaan masker yang efektif, ia mengatakan dalam video kedua yang berdurasi 1:52 menit, jika seseorang ingin memakai masker medis yang datar, seperti yang biasa digunakan maka perlu diperhatikan cara memakai dan melepaskan masker secara benar.

"Selain dapat melindungi, masker yang dipakai juga dapat menjadi sumber infeksi karena menjadi tempat kuman berkumpul," ucapnya dalam video itu.

Sebelum memakai masker, diharuskan mencuci tangan pakai sabun atau pakai hand sanitizer. Untuk penggunaannya sendiri, pertama tekan garis kawat pada masker mengikuti bentuk hidung dan ikat tali masker kebelakang atau pasang di sekeliling telinga.

"Pastikan masker menutupi bagian hidung, mulut dan dagu, dan ketika kamu pakai tidak boleh menyentuh bagian depan masker," terangnya.

Untuk cara membuka masker ternyata juga punya aturannya, yaitu buka ikatan tali masker atau tali disekeliling telinga tanpa menyentuh bagian depan masker karena dianggap sudah terkontaminasi, lalu buang masker ke dalam tempat sampah.
Kemudian terakhir cuci tangan pakai sabun atau hand sanitizer.

Perlu diketahui pastikan masker yang dipakai dalam keadaan kering. Segera ganti masker yang basah atau lembab dengan yang kering dan baru.

Untuk penggunaan masker sendiri efektif digunakan 3-4 jam atau maksimal satu hari. Sudahkan selama ini kamu memakainya dengan benar?.

Komentar

Loading...