Update COVID-19 Aceh

0 Terkonfirmasi
0 Dirawat
0 Sembuh
0 Meninggal

-

Sumber: -

Sony A5100, Kamera Vlog Terbaik untuk Youtuber Pemula  

Sony A5100, Kamera Vlog Terbaik untuk Youtuber Pemula  

ANTEROACEH.com - Sony A5100 hadir sebagai salah satu kamera mirrorless entry level seri 5000 besutan Sony yang cukup laris di kalangan Youtuber.

Dalam banyak hal, tipe kamera mirrorless kali ini bahkan lebih baik daripada saudaranya yang lebih besar, A6000 dan juga merupakan perombakan total atas pendahulunya, A5000.

Muncul dengan sensor CMOS 24,3 megapiksel yang dirancang baru dan prosesor gambar Bionz X, yang keduanya merupakan lompatan signifikan terhadap para pendahulunya.

Berkat sensor CMOS 24,3 megapiksel yang identik ditemukan di kamera seri A6000 dan prosesor gambar Bionz X. Secara keseluruhan, kualitas gambar yang diberikan Sony A5100 sangat luar biasa, dan apa yang diharapkan dari sensor sebesar ini.

Tentu saja menghasilkan kualitas video yang baik dan cocok untuk pencetakan dalam format besar plus dengan harga yang cukup murah untuk sebuah kamera mirrorless.

Kualitas video Sony A5100

Dengan peningkatan signifikan dalam kualitas dan kemampuan dibandingkan pendahulunya. Sony A5100 merekam video Full HD 1080p hingga 60 frame per detik dalam codec XAVCS yang lebih baru.

XAVCS adalah wadah MP4 alternatif dari Sony, yang memungkinkan kamera untuk memberikan bit rate yang lebih baik untuk rekaman dengan kualitas lebih tinggi bila dibandingkan dengan format MP4 atau AVCHD.

Dalam hal ini, Sony A5100 memiliki throughput 50 Mbps, peningkatan 2x dari pendahulunya 24 Mbps. Codec yang lebih baru juga memungkinkan video untuk memberikan rentang dinamis yang sedikit lebih luas, yang memberikan ruang lebih besar untuk pemulihan atau penilaian pasca produksi.

Perlu dicatat bahwa untuk merekam dalam format XAVCS yang lebih tinggi ini, diperlukan kartu SDXC berkapasitas tinggi yang lebih cepat.

Tersedia pula fitur ISO Otomatis ketika melakukan syuting video dalam mode manual. Ini sangat luar biasa karena tidak ada banyak kamera kelas atas yang memiliki fitur sederhana ini.

ISO Otomatis sangat penting saat membuat film dalam pencahayaan yang terus berubah, karena memungkinkan untuk tetap mempertahankan Aperture dan Shutter Speed yang diinginkan. Dengan fitur ini, anda dapat mengaktifkan kamera untuk mengkompensasi perubahan secara otomatis.

Kualitas video Sony A5100 sangat baik. Warna yang diberikannya realistis, bahkan pada pengaturan default, dan pencahayaan tepat tanpa ada tanda-tanda kompresi.

Rekamannya tajam dan mempertahankan kualitas khas Sony bahkan ketika memotret pada ISO setinggi ISO 1.600.

Sony A5100 juga memiliki fitur kamera HDMI out, menjadikannya sebagai pilihan yang sangat baik bagi mereka yang ingin menggunakan perekam eksternal untuk keperluan perekaman biasa maupun vlogging.

  

Performa Rendah Cahaya

Sony A5100 memiliki rentang ISO dari ISO 100 hingga ISO 25.600. Sensornya memberikan hasil yang dapat digunakan setinggi ISO 3.200 atau ISO 6.400, dengan hanya sedikit pengurangan noise pasca produksi.

Kinerja Fokus Sony A5100

Sony A5100 memiliki sistem autofokus pendeteksi fase 179 titik yang memberikan kinerja autofokus secara kontinyu yang sangat baik. Dari 179 titik, 25 juga digunakan untuk deteksi kontras, yang selanjutnya meningkatkan keserbagunaan dan akurasi kamera di berbagai kondisi pencahayaan yang berbeda.

Hadir juga fitur autofokus Wajah dan Deteksi Mata, yang tepatnya berfokus pada mata subjek secara dominan. Sementara, sistem fokus otomatis terus menerus pada kamera ini tidak setingkat dengan kamera unggulan Sony yang lebih canggih dan lebih mahal, misalnya, A6600 yang baru dirilis.

Dibandingkan dengan pendahulunya, sistem Sony A5100 lebih unggul, dan pastinya bagus untuk kantong anda. Baik pemotretan tunggal dan autofokus bekerja bahkan pada Apertures dangkal saat syuting.

Menariknya, kamera Sony A5100 memiliki banyak pengaturan untuk membantu menyesuaikan kinerja sistem agar lebih sesuai dengan tuntutan pemotretan.

Pengguna dapat mengubah kecepatan trek sistem fokus otomatis melalui menu pengguna untuk menyesuaikan kamera dengan kebutuhan pemotretan tertentu.

Penambahan layar sentuh memungkinkan kamera memberikan fokus sentuh dan rana sentuh. Dengan penambahan ini, melakukan transisi fokus yang kompleks atau tarikan fokus semudah mengetuk layar.

Sony A5100 bahkan dapat fokus pada tepi bingkai. Secara keseluruhan, fungsi ini membuat tarikan fokus terlihat profesional, dan secara signifikan mengurangi kecacatan yang terjadi saat pembuatan film.

Performa Baterai Sony A5100

Menggunakan baterai Sony NP-FW50, menghasilkan 400 bidikan per pengisian daya dan perekaman video selama 75 menit. Angka-angka ini melampaui standar industri kamera mirrorless yang umumnya cukup ringkas, yaitu 350 pengambilan foto per pengisian daya dan perekaman video selama 60 menit.

Tampilan & Jendela Bidik Sony A5100

Sony A5100 memiliki 3 inci 921K dot tilt LCD layar sentuh. Penambahan layar sentuh memungkinkan kamera untuk menggunakan fokus sentuh dan rana sentuh, meskipun bukan menu navigasi. Untungnya implementasi sentuh berfungsi untuk foto dan video, yang membuat transisi fokus yang kompleks menjadi mudah.

User Interface Sony A5100

Mempertimbangkan ukurannya yang kecil dan ringkas. Pengguna Sony A5100 akan langsung merasa nyaman menggunakan kamera ini dan mudah untuk menguasai menu-menunya.

Kamera ini tidak melewatkan fungsionalitas kritis dan masih menawarkan kemampuan yang cukup. Bahkan menampilkan pilihan mode otomatis yang sangat membantu pengguna saat memotret di berbagai media. Juga memiliki mode spesifik adegan yang cukup, yang berguna ketika Program Otomatis gagal mengidentifikasi adegan spesifik secara otomatis.

Secara keseluruhan, bentuk kontrolnya mirip dengan A6000 high end. Tapi, kedua kamera ini memang memiliki perbedaan. Salah satunya adalah memiliki tuas zoom pegas yang mengelilingi rana, fitur yang biasanya disediakan untuk camcorder video.

Level ini membantu kelancaran transisi untuk membuat zoom menjadi lebih sinematik saat pembuatan film. Meskipun fitur itu hanya terbukti bermanfaat untuk pembuatan film video dan tidak membantu saat memotret.

Bodi Sony A5100 terdiri dari plastik polikarbonat. Meskipun mempertimbangkan titik harga dan demografis yang dibidik oleh kamera ini, namun itu sudah cukup, dan kamera tampaknya cukup tangguh untuk penggunaan selama bertahun-tahun.

Di genggaman tangan, Sony A5100 terasa cukup nyaman, meskipun memiliki pegangan yang lebih kecil. Namun ukurannya yang kecil adalah keuntungan, membuatnya sangat baik untuk operasi satu tangan.

Sayangnya Sony A5100 tidak memiliki kemampuan merekam dengan resolusi 4K. Jika anda menginginkan fungsi ini maka anda harus meningkatkan ke tipe yang lebih tinggi di jajaran seri A6000.

Apakah Sony A5100 Layak untuk Dibeli?

Yup! Sony A5100 sangat baik bagi mereka yang mencari kamera hybrid kompak yang menawarkan kinerja fotografi dan videografi yang memadai. Sony A5100 adalah pilihan yang sangat baik bagi mereka yang mencari kamera fotografi sentris dan vlogging, karena ukurannya yang ringkas dan mudah dibawa.

Dengan lensa yang tepat, gambar-gambarnya mampu memberikan hasil yang memuaskan dibandingkan dengan sensor 24,3 megapiksel di kamera lainnya, tidak ada yang perlu dipertanyakan untuk bagian ini.

Sebagai pilihan yang sangat baik untuk vlogging, layar sentuh Sony A5100 mengartikulasikan, kinerja pelacakan, dan gerak tubuh.

Meskipun lebih mahal dari pendahulunya, sensor yang diperbarui, sistem fokus otomatis, dan kemampuan video untuk menghadirkan kamera yang jauh lebih unggul. Maka jika anda ingin menjadi seorang youtuber, anda perlu untuk mempertimbangkan Sony A5100.

Secara keseluruhan, Sony A5100 adalah kamera yang bagus dan pilihan yang sangat baik untuk pemula. Kamera ini memberikan sebagian besar kinerja pencitraan inti yang sama dan dengan fitur high end dari Sony dalam bentuk yang lebih kecil dan lebih nyaman.

Sony A5100 akan melakukan yang terbaik untuk memberikan hasil berkualitas tinggi dalam mode otomatis. Dan setiap kali anda siap untuk memulai mempelajari mode manual, maka anda akan melihat kemampuan sebenarnya dari kamera mirorrles ini.

Komentar

Loading...