Update COVID-19 Aceh

0 Terkonfirmasi
0 Dirawat
0 Sembuh
0 Meninggal

-

Sumber: -

Soal Sengketa Pers, AJI Lhokseumawe Surati Polres dan Kejari

Soal Sengketa Pers, AJI Lhokseumawe Surati Polres dan Kejari

LHOKSEUMAWE, ANTEROACEH.com - Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Lhokseumawe menyurati aparat kepolisian dan kejaksaan negeri setempat, Rabu (23/9/2020) untuk mengingatkan penegak hukum agar menyelesaikan sengketa pers dengan UU Pers.

Surat tersebut diserahkan langsung oleh ketua AJI Lhokseumawe Agustiar ke dua lembaga itu. Aksi tersebut juga sebagai refleksi  peringatan   21 tahun lahirnya Undang-undang nomor 40 tahun 1999 tentang pers yang diperingati setiap tanggal 23 September.

“Kita ingin mengingatkan kembali kepada lembaga kepolisian, kejaksaan dan peradilan agar menggunakan  Undang-undang Pers dalam penanganan kasus-kasus kekerasan terhadap jurnalis dan sengketa pemberitaan,” kata Agustiar dalam siaran pers.

Soalnya, selama ini masih banyak terjadi jurnalis dipidana dalam sengketa berita. Walau Dewan Pers dan Kepolisian sudah menandatangai nota kesepahaman soal itu. kemudian UU Nomor 40 tahun 1999  payung hukum kebebasan pers dan melindungi jurnalis dalam bekerja.

Untuk itu, AJI Kota Lhokseumawe mengharapkan agar Polres Lhokseumawe dapat menggunakan UU Pers dalam menangani kasus sengketa pemberitaan yang ada di wilayah hukumnya.

Komentar

Loading...