SMAN 1 Simpang Ulim dan garda Enterprise Latih Guru Gunakan Pustaka Digital 4D

SMAN 1 Simpang Ulim dan garda Enterprise Latih Guru Gunakan Pustaka Digital 4D

BANDA ACEH, ANTEROACEH.com - Guru SMAN 1 Simpang Ulim mengikuti Sosialiasasi dan Pelatihan IT dengan tema “Pemanfaatan Pustaka Digital Dan Animasi Dalam Proses Pembelajaran Berbasis Informasi Teknologi” yang diselenggarakan oleh Garda Enterprise medan bekerjasama dengan SMAN 1 Simpang Ulim. Kegiatan tersebut berlangsung selama dua hari mulai 23 sampai 24 Maret 2021.

Hari pertama fokus pada penjelasan materi pelatihan yang disampaikan langsung olehDirektur sekaligus instruktur Garda Enterprise, Ir. Samsudin.

“Untuk hari pertama kita fokus dulu dengan bahan pelatihannya supaya pemahaman materinya mantap, actionnya besok kita lakukan dengan penginstalasi aplikasi ke masing-masing laptop peserta, kemudian dilanjutkan langsung mendesign dan membuat bahan ajar interaktif,” kata Ir. Samsudin, Selasa (23/3/2021).

Samsudin menambahkan, Pustaka digital ini sangat praktis digunakan oleh guru dan tampilannya sangat menarik.

“Buku digital ini sangat menarik karena di buat sedemikian rupa sehingga tampilannya lebih menarik dengan animasi-animasi yang indah, bisa di bawa kemanapun dalam bentuk soft file lebih dari 20 ribu lebih buku di dalamnya”, tambahnya.

Wakil Kepala Bidan Kurikulum SMAN 1 Simpang Ulim Muhammad Razi, S.Pd., Gr. mengatakan, pelatihan ini sangat membantu guru-guru disekolahnya dalam mengembangkan bahan ajar interaktif yang bisa di implementasikan saat proses belajar mengajar.

”Kegiatan pelatihan seperti ini sangat bagus dilaksanakan untuk memotivasi guru untuk terus berinovasi dengan kemajuan teknologi informasi," ungkap Razi.

Razi menambahkan, guru sangat antusias dan aktif mengikuti pelatihan terlihat saat praktik membuat buku empat dimensi (4D).

“Saat praktik mendesign dan membuat bahan ajar interaktif 4 dimensi peserta sangat aktif dan bersemangat saat melihat buku 4 dimensi hasil rancangannya," tambahnya.

Razi berharap setelah pelatihan ini guru lebih kreatif dalam mengajar dikelas dengan menyajikan media-media yang lebih nyata kepada siswa.

“Kita berharap penerapan ilmu baru ini saat mengajar dikelas terus dikembangkan oleh guru untuk menambah referensi bahan ajar dan media pembelajaran yang lebih nyata kepada siswa agar pembelajaran tidak monoton “, ucapnya.

Kedepan, SMAN 1 Simpang Ulim komit untuk memberikan pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan wawasan tentang TIK bagi guru.

Hal ini dilkukan untuk pengembangan bahan ajar dan LKPD interaktif secara online maupun offline dengan memaksimalkan tenaga fasilitator dari internal maupun fasilitator dari luar sekolah. Langkah Strategis ini dilakukan untuk muwujudkan visi SMAN 1 Simpang Ulim yaitu Mewujudkan Pembelajaran Berbasis ICT.

Komentar

Loading...