Update COVID-19 Aceh

0 Terkonfirmasi
0 Dirawat
0 Sembuh
0 Meninggal

-

Sumber: -

Siswa SDN 1 Kandang Kunjungi Stasiun Pembinaan Penyu Rantau Sialang

Siswa SDN 1 Kandang Kunjungi Stasiun Pembinaan Penyu Rantau Sialang

Tapaktaun, Antero Aceh - Dalam rangka mendukung Konservasi Keanekaragaman Hayati di Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL) yang salah satunya adalah perlindungan dan pelestarian terhadap penyu, Puluhan siswa dari Sekolah Dasar Negeri 1 Kandang mengunjungi Stasiun Pembinaan Populasi Penyu Rantau Sialang, Rabu (9/5/2018).

Kegiatan kunjungan diisi dengan berbagai macam bentuk kegiatan mulai dari pengenalan jenis penyu, pemutaran film pelestarian penyu, pertujukan RapaÔÇÖi oleh para siswa dan terkahir pelepasliaran secara bersama-sama puluhan tukik penyu lekang/abu-abu (Lepidochelys olivacea) ke pantai Rantau Sialang yang berada di areal Stasiun Pembinaan Populasi Penyu.

Kepala Stasiun Pembinaan Populasi Penyu Rantau Sialang, Soloon Syahruddin Tanjung, S.Hut menjelaskan bahwa Penyu sangat penting berada di alam karena berfungsi menjaga keseimbangan ekosistem laut.

"Penyu berfungsi mengontrol jumlah populasi ubur-ubur di laut. Diketahui beberapa jenis penyu memakan ubur-ubur. Sehingga keberadaan penyu di laut sangatlah penting," jelas Soloon disambut antusias oleh puluhan siswa yang hadir.

Sementara Kepala SPTN Wilayah II Kluet Utara, Teuku Irmansyah, S.Hut mengatakan program kegiatan School Visit diharapkan berdampak positif terhadap para siswa sebagai generasi muda penerus bangsa.

"Kegiatan School Visit ke Stasiun Pembinaan Populasi Penyu Rantau Sialang ini merupakan dukungan dari Program BCCPGLE-KFW yang dilaksanakan di TNGL Bidang Wilayah I Tapaktuan," kata Teuku Irmansyah.

Sementara itu Muahammad Khadaru, salah seorang siswa yang turut serta dalam kegiatan tersebut mengungkapkan kegembiraannya karena merupakan pengalaman pertama kali melepasliarkan anak penyu ke pantai, Khadaru mengaku senang telah ikut serta dalam kegiatan tersebut.

"Banyak pengetahuan yang saya dapat, salah satunya mengetahui jenis-jenis penyu yang ada di Indonesia dan dapat melihat secara langsung penyu di Stasiun Pembinaan Populasi Penyu Rantau Sialang," ungkapnya.

Kepala Sekolah SD Negeri 1 Kandang, Mursyidin, S.Pd yang turut mendampingi para siswanya mengucapkan terimakasih kepada petugas TNGL yang telah memberikan kesempatan kepada Sekolahnya untuk dapat ambil bagian dalam kegiatan tersebut. Harapannya kegiatan School Visit atau Kunjungan Edukasi seperti ini dapat terus dilakukan oleh petugas TNGL dan berjalan secara berkelanjutan.(Red)

Komentar

Loading...