Update COVID-19 Aceh

0 Terkonfirmasi
0 Dirawat
0 Sembuh
0 Meninggal

-

Sumber: -

Simpan Kayu Hasil Rambahan Hutan, Warga Abdya Diringkus Polisi

Simpan Kayu Hasil Rambahan Hutan, Warga Abdya Diringkus Polisi
Kayu hasil rambahan hutan yang berhasil diamakan polisi

BLANGPIDIE, ANTEROACEH.com - JH (51) warga Gampong Ie Mirah, Kecamatan Babahrot, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) diamankan Satreskrim Polres setempat, pada Kamis 28 Mei 2020 lalu, karena kedapatan menyimpan kayu hasil rambahan hutan atau Illegal Logging.

Kapolres Abdya, AKBP Muhammad Nasution, SIK melalui Kabag Ops AKP Haryono mengatakan, kayu yang berhasil diamankan jenis merante dan seumantok.

"Barang Bukti (BB) kayu lebih kurang 17 m³ dengan jenis meurante dan kayu seumantok," ungkap Haryono melalui laporan yang diterima anteroaceh.com, Senin (1/6/2020).

Haryono menjelaskan, JH diringkus oleh tim Resmob yang dipimpin langsung oleh Kasat Reskrim Polres Abdya, AKP Erjan Dasmi, di kediamannya bersama dengan barang bukti kayu rambahan hutan diwilayah Abdya

"Personil Resmob mengamankan pelaku dikarenakan tertangkap tangan memiliki, menguasai dan menyimpan kayu yang mana diduga kuat hasil dari perambahan hutan," kata Haryono.

Atas perbuatannya, kata Kabag Ops, pelaku dijerat dengan pasal 83 ayat (1) huruf b yo 87 ayat (1) huruf b dan c Undang-Undang No. 18 tahun 2013, tentang pencehahan dan perusakan hutan dengan ancaman pidana paling singkat 1 tahun dan paling lama 5 tahun penjara serta pidana denda paling sedikit 500 jt dan paling banyak 2,5 miliar.

"Langkah selanjutnya, melangkapi mindik, melakukan pemeriksaan baik terhadap terduga maupun saksi-saksi lainnya dan melakukan pemeriksaan terhadap ahli BKPH Blangpidie KPH Wil. V  Gayo Lues, kemudian mengirim Berkas Perkara (BP) sertaenyerahkan pelaku dan BB," pungkas Haryono.

Komentar

Loading...