Update COVID-19 Aceh

0 Terkonfirmasi
0 Dirawat
0 Sembuh
0 Meninggal

-

Sumber: -

Sepanjang 2019, Sebanyak 18 Kasus Pelanggaran Syariat Islam Terjadi di Abdya  

Sepanjang 2019, Sebanyak 18 Kasus Pelanggaran Syariat Islam Terjadi di Abdya  

BLANGPIDIE, ANTEROACEH.com – Sepanjang tahun 2019, tercatat sebanyak 18 kasus pelanggaran syariat Islam Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya).

Dari 18 kasus ditangani, dua diantaranya P21 dimana berkasnya harus dilimpahkan Kejaksaan Negeri (Kejari) Abdya.

Kasat Pol-PP dan WH Abdya, Riad SE mengatakan, adapun kasus yang paling banyak pihaknya tangani adalah kasus pacaran anak dibawah umur dengan jumlah 16 kasus di tahun 2019. Namun, katanya, 16 kasus tersebut hanya diberikan hukuman pembinaan oleh Satpol-PP dan WH Abdya.

"Untuk dua kasus yang P21, para pelaku sudah menerima hukaman cambuk yang dilaksanakan oleh pihak Kejari Abdya," ungkap Riad saat diwawancarai anteroaceh.com, Rabu (15/7/2020).

Riad menjelaskan, dalam Qanun Aceh nomor 6 tahun 2014 sanksi yang akan diterima oleh para pelaku, diantaranya berupa bayar denda, hukuman cambuk dan penjara.

"Jadi tugas kita hanya menangkap dan menerima laporan dari masyarakat untuk mengamankan pelaku, setelah itu kita lengkapi semua berkas dan barang bukti, kemudian baru kita limpahkan ke Kejaksaan dan Kejaksaanlah yang menentukan hukumannya,” sebutnya.

Kemudian kata dia, sementara untuk kasus pacaran anak dibawah umur atau ditangkap saat berduaan ditempat umum. Oleh sebab itulah, pihaknya hanya memberikan pembinaan terhadap pelaku.

"Tapi kita juga akan panggil orang tua dari anak-anak untuk memperlihatkan barang bukti yang menjadi alasan mengapa kita lakukan penangkapan terhadap anak-anaknya," pungkasnya.

Komentar

Loading...