Seorang Tahanan WH Kasus Khalawat asal Sumut Masuk Islam di Banda Aceh

Seorang Tahanan WH Kasus Khalawat asal Sumut Masuk Islam di Banda Aceh
Prosesi Pengucapan Dua Kalimat Syahadat yang berlangsung di Mesjid Satpol PP dan WH Provinsi Aceh, Kecamatan Kuta Alam, Kota Banda Aceh. Foto: ist

BANDA ACEH, ANTEROACEH.com - Seorang tahanan Satpol PP dan WH Provinsi Aceh kasus dugaan khalwat bernama Yulianus Dohude (24) asal Sumatera Utara resmi masuk Islam setelah mengucapkan syahadat di masjid Satpol PP dan WH, di Kecamatan Kuta Alam, Banda Aceh, Jum'at (11/12/2020) pagi sekitar pukul 10.00 WIB. 

Kastpol PP dan WH Aceh, Jalaluddin melalui Kepala Seksi Penyelidikan dan Penyidikan, Marzuki mengatakan pasca persyahadatan yang dilakukannya, saat ini Yulianus Dohane sudah memiliki nama baru yaitu Muhammad Yulianus Dohude. 

"Memang yang bersangkutan sebelum ditangkap Satpol PP dan WH sudah memiliki niat untuk memeluk islam. Ketertarikannya jadi semakin bertambah karena saat menjalani masa tahanan di sini setiap hari diadakan pengajian dan pembinaan rohani," ucap Marzuki saat ditemui anteroaceh.com.

Ia mengatakan Muhammad Yulianus akhirnya mengutarakan niat lamanya itu kepada petugas sampai pihaknya juga harus memastikan kembali niat yang bersangkutan itu memang murni datang dari diri sendiri tanpa unsur paksaan pihak manapun.

"Setelah kita konfirmasi lagi ternyata memang murni dari yang bersangkutan. Dan kita panggil semua pihak yang bersangkutan untuk melakukan prosesuipersyahadatan," tambahnya.

Prosesi pengucapan dua kalimat syahadat tersebut, lanjut Marzuki dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Syariat Islam Kota Banda Aceh, Tgk Ridwan Ibrahim dengan disaksikan oleh sejumlah pihak terkait.

Ia berharap status mualaf Yulianus saat ini dapat menjadi pertimbangan hakim untuk perkara yang tengah dijalaninya terkait dugaan khalwat.

"Harapan kita dengan dia masuk islam hukumannya bisa berkurang. Secara normal dia bisa dicambuk maksimal sampai 30 kali mungkin dengan statusnya sekarang hukuman tersebut bisa dikurangi," pungkas Kasi Penyelidikan dan Penyidikan Satpol PP dan WH Aceh, Marzuki.

Komentar

Loading...