Update COVID-19 Aceh

0 Terkonfirmasi
0 Dirawat
0 Sembuh
0 Meninggal

-

Sumber: -

Seorang IRT di Aceh Barat Tipu Korbannya Hingga Puluhan Juta, Begini Modusnya

Seorang IRT di Aceh Barat Tipu Korbannya Hingga Puluhan Juta, Begini Modusnya

MEULABOH, ANTEROACEH.com - Seorang ibu rumah tangga berinisial RY ( 31) warga gampong Pasi Pinang, Kecamatan Meureubo, Aceh Barat ditangkap polisi di perumahan Budha Tzu Chi, atas dugaan tindak pidana penipuan terhadap tiga orang korban, Senin (28/9/2020) sekitar pukul 12.00 WIB.

Kapolres Aceh Barat AKBP Andrianto Argamuda melalui Kapolsek Meureubo, Ipda Vitra Ramadani mengatakan ketiga korban merupakan warga yang beralamat di perumahan Budha Tzu Chi melaporkan RY dengan modus penipuan yang berbeda-beda.

Aksi RY pertama kali dilakukannya pada Rabu (2/9/2020) silam dengan korban Ayani, seorang juru parkir di pajak ikan pasar Bina Usaha Meulaboh. 

Kepada korban AY menawarkan jasanya untuk membuat tempat parkirnya ramai dengan syarat AY menyerahkan 12 mayam emas 24 karat kepada palaku.

"Kemudian aksi pelaku berlanjut pada dua korban lainnya pada hari Jumat (25/9/2020) dengan modus mengobati anak korban dengan meminta sejumlah uang dan juga satu mayam emas sebagai syarat pengobatan," terang Ipda Vitra saat konferensi pers di Meulaboh, Kamis (1/10/2020).

Dihari yang sama, RY kembali melakukan aksinya dengan mengiming-imingi korban mendapatkan dana rehap dapur dengan syarat korban harus menyetor uang administrasi kepadanya. Dikarenakan ulah pelaku, total kerugian tiga korban tersebut diperkirakan mencapai Rp. 33 juta.

Setelah dilakukan interogasi, dikatakan Vitra ternyata pelaku telah menjual sebagian emas yang diberikan kepadanya dan membeli sejumlah barang perabotan rumah tangga serta lainnya dan sisa uangnya dipakai pelaku untuk jalan-jalan ke Kota Banda Aceh.

Adapun barang bukti yang ikut disita berupa cincin emas london 1 mayan dan emas 24 karat 1/2 mayam. Kemudian sebuah sepeda, TV merk Ikedo 22 inchi, DVD dan satu set loudspeaker, beberapa lembar tas dan celana serta sepatu dan sandal.

Atas perbuatannya, RY diduga melanggar pasal 378 ayat (2) KUHPidana tentang Tindak Pidana Penipuan dengan pidana penjara paling lama empat tahun penjara.

Komentar

Loading...