Semua Benda Bersejarah di Rumah Cut Meutia di Aceh Utara Dicuri

Semua Benda Bersejarah di Rumah Cut Meutia di Aceh Utara Dicuri

LHOKSUKON, ANTEROACEH.com - Ternyata benda-benda bersejarah di rumah  kediaman pahlawan Nasional Cut Meutia di Gampong  Mesjid Pirak, Kecamatan Matangkuli, Aceh Utara yang kini dijadikan museum telah hilang semua dicuri.

Hal itu diungkap Muslem, yang telah 12 tahun menjaga rumah pahlawan kebanggaan masyarakat Aceh tersebut, kepada wartawan beberapa waktu lalu.

“Benda bersejarah di rumah Cut Meutia semua telah hilang, yang tersisa hanya foto-foto yang dipajang di dinding rumah,” kata Muslem.

Menurutnya , benda-benda bersejarah peninggalan pahlawan tersebut sudah lama hilang dan tidak diketahui siapa yang melakukannya. Padahal benda tersebut sangat dibutuhkan sebagai bukti sejarah perjuangan Cut Meutia.

Dijelaskan juga, selama ini banyak turis asing berkunjung. Bahkan pada tahun 2010 lalu, turis dari mancanegara datang kesitu. diantaranya dari Norwegia, Perancis , Inggris dan yang paling banyak dari Belanda.

Sedangkan, Muslim Umar, salah seorang tokoh Matangkuli berharap, penegak hukum dan pemerintah bisa mencari kembali benda-benda bersejarah itu, karena diduga saat ini berada di tangan kolektor-kolektor benda bersejarah.

Menurutnya, hilangnya benda bersejarah di rumah Cut Meutia bukti lemahnya perhatian pemerintah terhadap situs-situs sejarah di Aceh. Padahal sosok Cut Meutia pahlawan Nasional yang juga dikenal dunia.

“Pemerintah harus serius dan turun tangan segera untuk menemukan kembali benda-benda yang telah hilang dicuri itu. Kemudian lokasi rumah harus benar-benar di kelola dengan baik sehingga tidak terjadi lagi pencurian serupa,” pungkasnya.

Komentar

Loading...