Semarak Festival Pesona Aceh Selatan

Semarak Festival Pesona Aceh Selatan

TAPAKTUAN, ANTEROACEH.com - Festival Pesona Aceh Selatan serta Jambore PKK Tingkat Kabupaten berlangsung semarak di Lapangan Naga Tapaktuan, Sabtu (27/7/2019).

Acara itu dimeriahkan oleh karnaval adat dan budaya yang diikuti 18 kecamatan dalam Kabupaten Aceh Selatan. Momentum itu diisi pemaparan potensi wilayah masing - masing dihadapan Bupati Aceh Selatan H Azwir S.Sos serta unsur Forkopimda di tribun kehormatan.

Selain Bupati, acara tersebut turut dihadiri Ketua TP PKK Aceh Selatan Hj Jafnimar Jakfar, Sekdakab H Nasjuddin SH MM, para Asisten, para Kepala SKPK, para Camat, dan tamu undangan lainnya.

Ketua DPRK Aceh Selatan, Teuku Zulhelmi dalam acara festival pesona Aceh Selatan, 27 Juli 2019 (IST)

Ketua DPRK Aceh Selatan Teuku Zulhelmi atas nama Pemkab Aceh Selatan dalam kata sambutannya menyebut, budaya, adat istiadat dan peradapan adalah refleksi dari dinamika keseharian masyarakat.

"Rutinitas serta perjalanan hidup dari beragam segmen dan lapisan masyakarat yang tergambar secara simbolis. Sehingga dapat berfungsi sebagai suatu penuntun yang memberi arah dan orientasi pada kehidupan," sebutnya.

Dikarenakan, lanjutnya, kebudayaan mengandung keseluruhan pengertian dari nilai, norma, ilmu pengetahuan serta keseluruhan struktur - struktur sosial, religius termasuk juga masakan atau kuliner berbagai ragam dari masyarakat.

"Mengingat kondisi topografi Kabupaten Aceh Selatan sangat bervariasi, terdiri dari daratan rendah, bergelombang, berbukit, hingga pegunungan dengan tingkat kemiringan sangat curam/terjal, dengan nuansa alam terasa semakin segar," ucapnya.

Kesempatan itu, pihaknya memberikan apresiasi yang setinggi - tingginya kepada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh bekerjasama dengan Pemkab Aceh Selatan guna menggelar event festival pesona Aceh Selatan sekaligus jambore PKK Tingkat Kabupaten.

"Dalam rangkaian acara tersebut turut disajikan masakan/kuliner khas Aceh Selatan yang dipadukan dengan budaya yang ada sehingga keberagaman ini dapat dirasakan semua masyarakat," tutur Teuku Zulhelmi.

Selanjutnya juga diadakan fun walk yang merupakan media berkumpul, olahraga ringan yang menyehatkan serta sangat efektif dalam membangun komunikasi, bersosialisasi dan kebersamaan sebagai warga masyarakat.

"Kami mengharapkan dukungan seluruh komponen masyarakat guna mengikuti dan mensukseskan event festival pesona Aceh Selatan ini, supaya destinasi dan kuliner khas Aceh Selatan dapat dikenal disemua kalangan baik lokal, nasional maupun mancanegara," tutupnya.**

Komentar

Loading...