Update COVID-19 Aceh

0 Terkonfirmasi
0 Dirawat
0 Sembuh
0 Meninggal

-

Sumber: -

Sekum PC PERGUNU Aceh Besar Juara Inovasi Pembelajaran Era Covid-19

Sekum PC PERGUNU Aceh Besar Juara Inovasi Pembelajaran Era Covid-19

JANTHO, ANTEROACEH.com -Sekretaris Umum Pimpinan Cabang Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (PC PERGUNU) Aceh Besar, Tgk Fuanni, M.Ag meraih  juara 1  lomba Inovasi Pembelajaran Era Covid-19 tingkat  Aceh tahun 2020 yang digelar Kakanwil Kementerian Agama  Aceh.

Tgk Fuanni berhasil meraih juara untuk kategori Guru Madrasah dan berhasil menyisihkan sejumlah peserta lain.

Lomba tersebut digelar  selama tiga hari, mulai  13 sampai 15 November 2020 di Hotel Permata Hati Gampong Tanjong Aceh Besar.
 
Fuanni  adalah guru mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di MIN 7 Kota Banda Aceh , dinilai berhasil mengembangkan sebuah aplikasi berbasis Android , diberi nama SI-MASA (Sejarah Islam-Madrasah Hebat).

Dalam karya ilmiah  berjudul  “Proses Pembelajaran Jarak Jauh Sejarah Kebudayaan Islam Pada Era Pandemi Covid-19 Dengan Menggunakan Aplikasi SI-MASA Berbasis Android di MIN 7 Kota Banda Aceh”, menerangkan aplikasi  tersebut mempermudah  siswa  dalam memahami pelajaran SKI.

“SI-MASA merangkum proses  pembelajaran  dalam satu paket. Memuat materi, video pembelajaran, dan juga latihan bagi   siswa. Kemudian langsung memunculkan nilai, sehingga para orang tua juga dapat memantau langsung perkembangan belajar anak,” kata Tgk Fuanni kepada anteroaceh.com, Minggu (15/11/2020).

Pengajar di Dayah Darul Aman Lubuk, Aceh Besar itu juga  pernah mewakili provinsi Aceh untuk mengikuti lomba Inovasi Pembelajaran tingkat nasional di Lampung, Sumatera Selatan pada 2019 lalu.

“Saya bergarap guru sebagai ujung tombak pendidikan, dapat terus meningkatkan kualitas dan kreatifitas dalam mengembangkan metode pembelajaran yang menyenangkan, terutama di era Pandemi Covid-19 ini, terima kasih atas dukungan semua pihak, sehingga karya saya mendapat penilaian terbaik,” jelasnya.

Ketua PC PERGUNU Aceh Besar, Tgk Khasanda S.Pd.I memberikan apresiasi atas raihan Tgk Fuanni  tersebu. Menurutnya para guru  yang tergabung  dalam PERGUNU akan berperan aktif dalam meningkatkan kreativitas guru di Aceh Besar.

"InsyaAllah Pergunu untuk kedepan akan terus menerus mengadakan training atau pelatihan untuk para guru agar memiliki cara dan  konsep baru sesuai perkembangan zaman yang dialami peserta didik, namun tetap memenuhi Standar Nasional Pendidikan," ungkap Tgk Khasanda. 

Sementara Plt. Kabid Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Provinsi Aceh, Zulkifli, S. Ag, M. Pd    menjelaskan ada dua kategori diperlombakan di tahun ini, peserta dari seluruh kabupaten. Kategori  guru madrasah diikuti 14 peserta.  Sedangkan kategori kepala Madrasah diikuti oleh seluruh kepala madrasah.

“Lomba Inovasi Pembelajaran Pada Era Covid-19 ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Daerah (HARDIKDA) ke 61. Penilaiannya dilakukan dengan melihat Karya Tulis Ilmiah (KTI) dan presentasi masing-masing peserta," sebut Zulkifli.s

Sedangkan, Kabid PAI Kanwil Kemenag Aceh H. Muntasyir, S.Ag, MA, dalam pidato penutupan lomba mengharapkan, Lomba Inovasi Pembelajaran tersebut bisa memberikan solusi bagi peserta didik yang tidak bisa belajar secara normal pada selama  Covid-19 ini. 

“Ini ajang untuk meningkat  juga mengharapkan agar para guru dapat meningkatkan kreatifitasnya demi memberikan solusi pembelajaran yang lebih solutif dan inovatif,” singkatnya.

iklan grapela dan tangga seribu
Iklan Batu Berlayar dan masjid tuo

Komentar

Loading...