Update COVID-19 Aceh

0 Terkonfirmasi
0 Dirawat
0 Sembuh
0 Meninggal

-

Sumber: -

Sejumlah Masyarakat Aceh Barat Sampaikan Aduan Pembengkakan Tagihan Listrik Selama Pandemi Corona

Sejumlah Masyarakat Aceh Barat Sampaikan Aduan Pembengkakan Tagihan Listrik Selama Pandemi Corona

MEULABOH, ANTEROACEH.com – Sejumlah masyarakat di Kabupaten Aceh barat melayang pengaduan terkait dengan pembengkakan tagihan listrik selama pandemi Coronavirus Disease (Covid-19).

Aduan tersebut disampaikan masyarakat ke posko pengaduan tagihan listrik yang dibuka Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA) Kabupaten Aceh Barat, beberapa waktu lalu.

Pengaduan yang disampaikan oleh masyarakat bukan hanya terkait dengan membengkaknya tagihan listrik selama wabah Corona, namun juga menyangkut tunggakan tagihan listrik selama tiga bulan terakhir.

Ketua YARA Aceh Barat, Hamdani, mengatakan warga yang tidak mampu menbayar tagihan listrik selama tiga bulan terakhir juga banyak dibandingkan mereka yang tagihan listriknya membengkak.

“Tiga bulan terakhir ini warga terdampak covid-19 sehingga tidak bisa membayar rekening listrik sejak maret lalu awal pandemi mulai terjadi di Indonesia dan Aceh Barat khususnya, membuat mereka menunggak pembayaran,” kata Hamdani, kepada wartawan, Rabu(17/6/2020) di Meulaboh.

Sejumlah warga bahkan mengeluh, sejak pandemi Corona banyak yang harus beralih pekerjaan.

Ia mencontohkan mereka yang selama ini memiliki usaha warung kopi terpaksa menutup usahanya dan kesawah.

Namun anehnya, kata dia, meski usaha warung kopi salah seorang pengadu tutup namun secara tagihan ikut membengkak sehingga  belum mampu membayarnya.

Atas kondisi itu, Hamdani meminta kepada PLN untuk memberikan keringanan kepada pelanggan dengan cara menyicil pembayaran iuran listrik mereka, sehingga pelanggan PLN tidak kelimpungan menutup tunggakan.

“Kita minta PLN untuk memberikan peluang mereka menyicil tagihannya. Karena sejak pademi ini mereka kesulitan bayar karena tidak ada penghasilan,” ucapnya.

Dirinya juga meminta PLN tidak melakukan pemutusan aliran listrik, terhadap warga yang menunggak iuran selama tiga bulan terakhir, karena ia yakin para pelanggan listrik tersebut tidak ada niat untuk tidak melunasi tagihan namun ketidak mampuan membayar tagihan listrik akibat kehilangan penghasilan membuat mereka menunggak.

Komentar

Loading...