Sejumlah Fasilitas Umum di Abdya Rusak Diterjang Banjir

Sejumlah Fasilitas Umum di Abdya Rusak Diterjang Banjir
Foto: Kondisi Banjir yang melanda Kabupaten Abdya semenjak beberapa hari kebelakang/Ilyas

BLANGPIDIE, ANTEROACEH.com -  Sejumlah fasilitas umum di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) rusak akibat diterjang banjir yang terjadi sejak dua hari terakhir ini.

"Sejumlah fasilitas umum seperti Jalan, Jembatan dan pengaman tebing di beberapa Gampong di Abdya rusak setelah diterjang banjir," ungkap  Kepala Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten (BPBK) Abdya, Amiruddin, S.Pd, Senin (3/12/2019)

Ia menyebutkan, ttik banjir yang rusak berat terjadi di Kecamatan Jeumpa, Susoh, Tangan-tangan, setia, Lembah Sabil serta Kecamatan Menggeng.

Bahkan kata Amiruddin dua jembatan di Kecamatan Tangan-tangan dan Setia sampai roboh akibat terjangan banjir.

"Jembatan di gampong Ie Lhob Tangan-tangan kondisinya roboh begitu juga Jembatan di gampong Ujoeng Tanoh, Kecamatan Setia," tambah Amiruddin.

Sedangkan beberapa fasilitas lainya serperti di Gampong Drien Jalo, Kecamatan Tangan-tangan, Krueng Suso, Kuta Jeumpa, Lembah Sabil dan Manggeng juga mengalami kerusakan berat dan ringan.

Akibat kejadian banjir tersebut, Kata Amiruddin, pihaknya menafsirkan kerugian yang dialami mencapai puluhan miliar rupiah.

"Inikan semua harus dibuat dari dasar semua, ya, penafsiran kita sekitar Rp 50 miliar," imbunya.

Untuk menangulangi masalah tersebut lanjut Amiruddin, pihaknya telah membuat laporan kerusakan yang terjadi akibat banjir.

"Alhamdulillah laporan sudah kita sampaikan kepada Bapak Bupati Abdya, dan saat ini laporan itu sudah disetujui, selanjutnya akan kita sampaikan kepada Propinsi dan Pusat," ulasnya.

Amiruddin juga berharap, agar laporan yang diajukan baik ditingkat Provjnsi maupun ditingkat Pusat bisa dikabulkan.

"Kita do'akan sama-sama, apa yang sedang kita upayakan ini bisa mendapat perhatian langsung dari pemeintah Propinsi dan Pemerintah Pusat," pungkasnya. 

Komentar

Loading...