Seekor Gajah Betina Ditemukan Mati Membusuk di Pidie

Seekor Gajah Betina Ditemukan Mati Membusuk di Pidie
Gajah yang ditemukan mati di Pidie (Foto: ist)

BANDA ACEH, ANTEROACEH.com - Seekor Gajah betina ditemukan mati membusuk di kawasan Hutan Produksi (HTI) di wilayah Biheu, Gampong Papeun, Kecamatan Muara Tiga, Laweung, Pidie, Selasa (30/3/2021) lalu.

Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh, Agus Arianto, Kamis(1/4/2021) mengatakan, berdasarkan hasil nekropsi yang dilakukan secara makroskopis dan hasil anamnesa (informasi dilapangan) diperkirakan matinya satwa dilindungi ini diduga karena keracunan. 

"Posisi satwa mati yang ditemukan didekat sumber air, dan  diindikasikan karena keracunan," ujar Agus.

Namun, untuk memastikan penyebab kematiannya, sebut Agus timnya telah mengambil beberapa sampel seperti sisa makanan dalam usus satwa, usus dan ujung belalai yang akan dikirim ke Pusat Laboratorium Forensik untuk dilakukan uji laboratorium/ toksicologi.

Agus mengaku, atas peristiwa itu pihak BKSDA juga telah melakukan olah TKP, namun tidak ditemukan adanya hal atau barang-barang yang mencurigakan.

"Kematian satwa diperkirakan berkisar lebih kurang satu minggu, di mana kondisi bangkai sudah sangat membusuk atau sudah mengalami autolisis dan Putrepaction. Kemudian di bagian perut, sudah terburai keluar dan juga beberapa bagian otot sudah rontok dari tulangnya," terang Agus Arianto dalam keterangannya yang diterima anteroaceh.com, Kamis(1/4/2021).

Selain itu Agus juga menambahkan, tidak terdapat tanda-tanda kekerasan fisik selain kerusakan karena pembusukan jaringan secara alami.

Sedangkan kerusakan organ dalam, juga sudah tidak dapat diidentifikasikan lagi karena sudah sangat membusuk. 

"BKSDA Aceh juga akan terus berkoordinasi dengan pihak Polres Aceh Pidie untuk mengetahui ada tidaknya unsur pidana terkait dengan penyebab kematian gajah liar tersebut," pungkas Kepala BKSDA Aceh, Agus Arianto

Komentar

Loading...