Sebagus Apa Sih Kualitas Apple Airpods Terbaru?

Sebagus Apa Sih Kualitas Apple Airpods Terbaru?

ANTEROACEH.com - Headphone nirkabel saat ini memang benar-benar mengesankan, dengan klaim suara yang lebih baik. Sangat mudah untuk menganggap bahwa Apple sebagai perusahaan yang tidak akan membuat kesalahan, tetapi sementara itu mungkin tidaklah selalu sempurna, memang sebagian besar dari apa yang disentuh Apple seringkali akhirnya berubah menjadi emas, dan Apple AirPod tidak terkecuali. 

Ketika pertama kali diperkenalkan, gadget tersebut tampak bodoh dan tidak terdengar hebat, tetapi orang-orang tertarik oleh desain magis dan teknologi mutakhir (belum lagi nama branding besar Apple), cukup banyak orang membelinya serta menjadi pemandangan umum di kota-kota besar di seluruh dunia. 

AirPods Generasi Terbaru
Beralih di antara AirPod lama ke model baru dan perbedaan pertama yang anda perhatikan adalah bahwa yang terbaru kali ini memiliki suara lebih keras. Mungkin tidak terdengar seperti masalah besar, tetapi itu adalah konfirmasi bahwa ada sesuatu yang telah berubah. Kenyaringan ekstra umumnya cukup diterima juga, karena AirPod mengisolasi sedikit dari kebisingan luar (tipe terbaru) sehingga perlu dimainkan lebih keras.

Apple selalu menggunakan keseimbangan sonik yang alami dan netral di semua produknya, dan itu tidak berbeda dengan AirPods terbaru mereka. Tidak ada peningkatan bass atau peningkatan treble. Anda merasa seolah-olah sedang mendengarkan musik dengan sedikit atau tanpa manipulasi sama sekali, dan itu adalah sesuatu yang selalu sangat dihargai oleh para pecinta musik.

Tetapi AirPod model terbaru juga menambahkan tingkat kehalusan dan kecanggihan yang kurang dimiliki oleh pendahulunya. Pergeseran dinamis tingkat rendah lebih granular dan halus, sementara kontras yang lebih besar antara tenang dan keras lebih terasa dan dramatis. Ada lebih banyak detail disini, dan presentasinya sedikit lebih terbuka dan luas. Sementara itu, secara halus, kualitas juga ditingkatkan berkat pengaturan yang lebih baik.

Masing-masing perbaikan di atas cukup baik, dengan kombinasi yang pas, Apple menciptakan kinerja yang lebih baik dan menarik. Menjadikan AirPod lama terdengar agak membosankan dan tidak bernyawa jika dibandingkan dengan penerusnya.

Namun, AirPod kali ini juga masih jauh dari sempurna. Memang sementara ini hasilnya lebih bersih dan lebih canggih ketimbang produk sebelumnya, namun terkadang suara yang dihasilkan masih agak membelok ke volume tinggi dan masih berjuang untuk memahami bagian-bagian dari detail suara yang ada. 

Terlebih lagi AirPod tipe lama yang masih jauh untuk menjadi patokan dalam hal kualitas audio dibandingkan merek lain, Sony WF-1000Xs dengan harga yang sama tedengar lebih rinci dan berirama, tetapi AirPod Pro masih lebih baik.

Fitur Apple AirPod
Dengan sedikitnya pesaing yang mampu mendekati kualitas Apple AirPods dari sudut pandang teknis. Tak perlu melakukan penambahan signifikan rasanya sudah cukup untuk mengalahkan pesaingnya. Konektivitas pada dasarnya sudah sempurna, tanpa putus, baik antara ponsel dan headphone.

Kasing mengisi earphone dengan cepat, daya tahan baterai sangat baik. Hadir dengan chip baru, W1 telah digantikan oleh H1, yang memungkinkan pemasangan lebih cepat dan beralih di antara perangkat Apple, latensi yang lebih rendah (baik untuk bermain game), manajemen baterai yang lebih baik untuk waktu bicara yang lebih banyak serta daya tahan baterai dan kontrol penuh suara handsfree. Satu-satunya masalah adalah bahwa anda mungkin tidak melihat peningkatan ini, karena hal ini juga bukan kelemahan pada tipe AirPods lama.

Saat peluncuran iOS13, AirPods juga memiliki fitur baru yang bagus yakni Audio Sharing, yang memungkinkan sepasang AirPods kedua untuk terhubung, dan mendengarkan ke satu iPhone lainnya. Anda dan teman AirPod anda hanya perlu mengetuk kedua ponsel bersama-sama untuk mendengarkan apa pun yang sedang diputar, apakah itu lagu dari Apple Music atau Spotify, atau acara TV di YouTube atau Netflix.

Turut ditambahkan ke AirPods dari iOS13 adalah kemampuan untuk membalas pesan yang masuk. Setelah Siri membacakan pesan kepada anda saat pesan itu tiba, maka anda memiliki opsi untuk segera merespons menggunakan suara anda.

Kasing nirkabel juga kini tersedia, baik dalam bundel AirPods baru atau pembelian terpisah, sangat berguna bagi pemilik AirPod lama yang ingin meningkatkan versi pengalaman pengisian baterai mereka. Kasing baru ini berfungsi dengan semua pengisian yang kompatibel dengan Qi dan memiliki LED penunjuk level baterai di bagian depan untuk referensi yang lebih mudah.

Meskipun AirPods telah ditingkatkan ke area di mana mereka sudah cukup unggul, namun Apple telah memilih untuk tidak mengatasi beberapa kritik yang ditujukan tentang kecocokan gadget tersebut pada setiap telinga pengguna. Walaupun pendekatan dengan hadirnya tipe terbaru ini bisa mendapat pujian yang layak, terlebih lagi setiap orang yang memiliki AirPods cukup pas saat di pakai berlari atau bersepeda, sementara pabrikan lain belum bisa membuatnya tetap stabil di saat gerakan ringan sekalipun.

Kurangnya tombol fisik juga bisa menyebalkan. Siri dan dua kontrol ketuk ganda yang ditentukan pengguna telah terbukti tidak cukup untuk menggantikannya, terutama bagi mereka yang menggunakan headphone saat berolahraga. 

Beberapa hal juga akan terus menghalangi desain Airpods, yang paling mencolok adalah terlihat seperti sepasang anting-anting. Namun, AirPodsterbaru telah membuat hal tersebut sebagian besar tidak begitu terlihat seperti itu dan tampaknya tidak lagi menarik perhatian yang sama. Mungkin bagi sebagian orang, hal itu tetap akan menjadi masalah.

Apakah Airpods Layak Untuk Dibeli?
Apple telah memperkuat AirPod di area yang memang sudah kuat dan memilih untuk meninggalkan kelemahan mereka sedikit banyaknya. Ini adalah pendekatan yang cukup aneh, tetapi keberhasilan model generasi pertama membuktikan bahwa formula itu berfungsi. Terlebih lagi dengan kehadiran generasi penerusnya. Selain itu, kualitas suara dari AirPodsjuga telah meningkat, dan membuatnya pantas untuk dimiliki.

Komentar

Loading...