Sebagian Masyarakat Abdya dan Aceh Selatan Belum Tarawih, Puasa Rabu

Sebagian Masyarakat Abdya dan Aceh Selatan Belum Tarawih, Puasa Rabu

BLANGPIDIE, ANTEROACEH.com - Meski Pemerintah melalui Kementrian Agama telah mengumumkan 1 ramadhan jatuh pada Selasa, 13 April 2021 namun sebagian masyarakat di Kabupaten Aceh Selatan dan Aceh Barat Daya (Abdya) dan belum melaksanakan shalat tarawih Senin (12/4/2021) malam.

Berdasarkan informasi yang dihimpun anteroaceh.com, sebagian masyarakat tidak melaksanakan shalat tarawih disebabkan hasil isbat; hilal belum terlihat sehingga puasa ditetapkan jatuh pada hari rabu. 

Hasil sidang isbat di pesantren Darussalam, Labuhanhaji Barat yang dipimpin oleh Abuya H. Mawardi Waly Al-Khalidi menyatakan bahwa 1 Ramadhan jatuh pada hari Rabu. Hal senada juga dinyatakan oleh Abuya H. Amran Waly pimpinan MPPT-I sekaligus pimpinan ponpes di Pawoh, Labuhanhaji Tengah.

Sementara itu, Dewan Imam Masjid Agung Abdya sekaligus peserta sidang Isbat di masjid Ghafur Abdya, Tgk. Iskandar Z membenarkan bahwa sebagian masyarakat Abdya belum melaksanakan shalat tarawih namun masjid Agung Abdya sudah melaksanakan shalat tarawih malam ini.

"Kalau masjid Agung Abdya tadi sudah melaksanakan shalat tarawih, karena masjid Agung merupakan milik pemerintah," ungkapnya saat dikonfirmasi anteroaceh.com, via telepon seluler.

Iskandar menjelaskan, hasil kesepakatan ulama dayah di Abdya, 1 ramadhan jatuh hari Rabu karena di seluruh wilayah di pulau Sumatera  hilal tidak terlihat.

"Jadi kalau menteri agama (Menag) menetap 1 ramadhan pada hari selasa tidak bisa kita ikuti, karena beda wilayah, kalau dalam ilmu fiqih beda mafaniq, terkecuali di Sumatera ada yang terlihat, tapi ini semua tidak nampak hilal, maka puasa pertama jatuh pada hari rabu," katanya.

Ia menjelaskan, daerah yang bisa dijadikan pedoman untuk menetapkan 1 ramadhan di pulau Sumatera diantaranya; Bengkulu, Lampung atau daerah lain yang ada di pulau Sumatera.

"Setelah dikonfirmasi, semua daerah di Sumatera tidak ada yang tampak hilal," pungkas Iskandar.

Informasi yang berhasil dihimpun, sejumlah masjid di Balngpidie belum melaksanakan shalat tarawih, seperti masjid Jamik masjid Baitul Ali dan sejumlah masjid yang ada disana.

Komentar

Loading...