Satu Keluarga Rohingya di Lhokseumawe Menolak Dipindah ke Medan

Satu Keluarga Rohingya di Lhokseumawe Menolak Dipindah ke Medan

LHOKSEUMAWE, ANTEROACEH.com - Lembaga IOM akhirnya memindah sisa etnis Rohingya dari bekas Gedung BLK Kandang, Lhokseumawe ke Medan, Sumatera Utara (Sumut), Kamis (29/4/2021) malam. Namun ada satu keluarga meminta agar dipindahkan ke Sulawesi Selatan, tepatnya ke Makasar.

Keluarga Rashid Ahmad  berdalih ada sanak saudaranya yang tinggal di kota Makasar dan ia bersama anak-anak sangat ingin bersama dengan mereka disana.

Petugas IOM Sonya Syafitri kepada anteroaceh.com menjelaskan, 40 pengungsi Rohingya diangkut dengan empat bus telah dibawa ke Medan. Disana mereka akan mendapat  penanganan  lebih baik dari sisi kesehatan, pendidikan anak dan semi formal, kemudian untuk  memberikan solusi jangka panjang.

“Ada 40 Rohingya yang kita angkut ke Medan,  disana mereka mendapat penanganan lebih baik sampai ada solusi dari internasional untuk mendapatkan suaka di negara ketiga,” imbuhnya.

Terkait  permintaan Rohingya yang minta  pindah ke Makasar, Sonya  mengaku harus berkoordinasi dengan pihak Imigrasi setempat. 

“Ya kita akan berkoordinasi dengan Imigrasi, kita tunggu saja hasilnya bagaimana, jadi untuk sementara mereka harus bertahan di BLK Lhokseumawe,” ucapnya.

Komentar

Loading...