Update COVID-19 Aceh

0 ODP
0 PDP
0 Positif
0 Meninggal
0 Sembuh

-

Sumber: -

Satu Keluarga di Aceh Barat Positif Corona, 38 di Rapid Test, Ini Hasilnya

Satu Keluarga di Aceh Barat Positif Corona, 38 di Rapid Test, Ini Hasilnya

MEULABOH, ANTEROACEH.com - Empat warga Jakarta yang mudik ke Aceh Barat beberapa waktu lalu terkonfirmasi terinfeksi Covid-19 berdasarkan uji swab yang dikeluarkan Balitbangkes Aceh, Jumat (31/7/2020).

Keempat orang tersebut merupakan satu keluarga yang terdiri dari MA (41), ER (41) dan dua orang anaknya BA (16) dan MF (12). Mereka tiba di Aceh Barat pada Minggu (26/7) malam menggunakan mobil pribadi dengan tujuan berlebaran ke rumah orangtuanya di Gampong Gunong Kleng, Kecamatan Meurebo, Aceh Barat.

Sekretaris Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Aceh Barat, Irsadi Aristora mengatakan, keluarga tersebut masuk ke Aceh barat tanpa memiliki surat keterangan bebas Covid 19 dan setelah dilakukan rapid test salah satu dari anaknya dinyatakan reaktif sehingga dilakukan uji swab terhadap satu keluarga tersebut.

"Ternyata mereka positif dan saat tim menjemput kemarin mereka sempat menolak karena panik dan masih belum percaya ataupun terima dengan hasil swab yang keluar," ucap Irsadi Aristora saat dihubungi anteroaceh.com, Sabtu (1/8/2020) sore.

Puluhan personil TNI bersenjata lengkap dikerahkan ke lokasi sampai akhirnya setelah empat jam dibujuk, mereka bersedia untuk dilakukan isolasi oleh petugas.

"Sebenarnya kita memang akan merujuk pasien ke RSUDZA, namun karena pasien baru bisa dibujuk saat sore jadi kita kehabisan kamar kosong disana karena kemarin kan kasus positif di Aceh melonjak," tambahnya.

Keempat pasien saat ini di rawat di ruang isolasi bertempat di Gampong Beureugang, Kecamatan Kaway XVI dan akan segera dirujuk kembali ke RSUDZA jika memang mendapat kamar kosong di sana.

Irsadi mengatakan saat ini pihaknya telah melakukan tracking kepada keluarga dekat dan yang pernah kontak langsung dengan pasien tersebut.

Sebanyak 38 orang di tiga kecamatan yang tersebar di Gampong Gunong Kleng, Kecamatan Johan Pahlawan sebanyak 26 orang kemudian Gampong Marek, Kecamatan Kaway XVI sebanyak 7 orang dan Gampong Blang Beurandang, Kecamatan Johan Pahlawan sebanyak 5 orang dengan hasil nonreaktif rapid test.

Irasadi melanjutkan, pihaknya akan kembali melakukan uji swab pada hari selasa mendatang dan mengharuskan mereka untuk sementara melakukan isolasi mandiri.

Selain itu, ia juga meminta masyarakat agar lebih waspada dan tidak meremehkan.

"Ini bukan main-main, buktinya ini benar-benar terjadi di Aceh Barat begitu datang tamu kita dari luar tanpa mengantongi surat kesehatan. Ya resikonya ada dikeluarga yang di kampung harus dikarantina. Jadi untuk masyarakat yang mau mudik tolong untuk tidak mudik dulu," pungkas Irsadi Aristora.

Komentar

Loading...