Breaking News

Update COVID-19 Aceh

0 Terkonfirmasi
0 Dirawat
0 Sembuh
0 Meninggal

-

Sumber: -

Samsung Galaxy Watch Active, Cantik, Pintar dan Terjangkau

Samsung Galaxy Watch Active, Cantik, Pintar dan Terjangkau

ANTEROACEH.com - Harga smartphone sedang naik daun, tapi jam tangan pintar tetap menjadi aksesoris yang mungkin tidak terlalu kita butuhkan. Ya, anda tidak perlu mengeluarkan ponsel dari saku terlalu sering jika hanya untuk melihat waktu jam berapa, tetapi kebanyakan orang mungkin tidak ingin membayar hingga 10 juta rupiah untuk kemewahan itu. Hanya dengan harga dua jutaan saja, bagaimanapun juga, jam tangan pintar jauh lebih menggoda. Samsung Galaxy Watch Active adalah sebuah jawaban dan tidak akan merusak isi rekening bank anda.

Anda mendapatkan banyak fitur hebat disini, dan anda akan menemukan Galaxy Watch Active masih menawarkan semua yang anda butuhkan dari sebuah smartwatch kekinian.

Desain minimalis, tampilan bagus
Samsung Galaxy Watch Active terasa seperti jam tangan pintar yang lebih sporty serta bebas dari gangguan visual dan terlihat sederhana, dan itulah yang membuatnya menarik. Ukurannya yang ringkas, dan kaca di atasnya terasa bulat. Yang membuat sedikit kecewa adalah kurangnya bezel yang berputar, sesuatu yang terkenal dari Samsung pada jam tangannya. Bezel yang berputar memungkinkan anda menggulir antarmuka dengan cepat, dan ada suara detak bagus yang membuat jam tangan seperti Galaxy Watch menyenangkan untuk digunakan.

Galaxy Watch Active menghilangkan fitur tersebut di versi terbarunya dengan label harga yang lebih rendah, dan keputusan itu sangat meleset. Interface dirancang untuk bezel yang berputar, jadi menggulir widget dan notifikasi terasa jauh lebih lambat. Jika pernah mengenakan jam tangan Samsung yang memiliki fitur ini, bersiaplah untuk sedikit kecewa. Namun, berinteraksi dengan Samsung Galaxy Watch Active saat ini terasa seperti Wear OS. Anda akan banyak mengetuk dan menggeser.

Tepi arloji agak membulat, dan setiap sentuhan pada layar arloji terasa halus atau sensual. Anda akan menemukan dua tombol di sisi kanan untuk membantu navigasi. Bagian atas adalah tombol kembali dan menekan dan menahannya dapat membawa anda langsung ke Samsung Pay. Bagian bawah adalah tombol beranda, dan menekan dan menahannya akan membawa anda ke menu matikan. Ketuk dua kali, dan anda dapat mengakses Bixby, asisten virtual Samsung. Tombol-tombolnya mudah diklik dan responsif, serta memiliki profil yang ramping.

Casing aluminium 40mm serasa ringan. Tidak terlihat kecil di pergelangan tangan besar, atau besar di pergelangan tangan kecil. Juga mudah untuk melupakan bahwa jam tangan ini berada di pergelangan tangan anda, yang membuat tidur dengan membawanya menjadi cukup nyaman (dapat melacak tidur anda juga). Jam ini tipis dan tidak akan tersangkut di manset kemeja. Tali 20mm dapat diganti, dan tali silikon standar yang terasa cukup bagus, hadir dengan dua ukuran di dalam kotak.

Performa hebat, Tizen 4.0
Galaxy Watch Active ditenagai oleh prosesor dual-core Samsung Exynos 9110 dengan RAM 750MB. Sepertinya tidak ada masalah dengan kinerja. Beroperasi dengan lancar, dan anda tidak merasa frustrasi, tidak seperti banyak pengalaman dengan kebanyakan jam tangan pintar Wear OS. Membuka dan berinteraksi dengan aplikasi itu cukup cepat, meskipun kadang-kadang mengalami masalah pada sentuhan.

Jam tangan ini menjalankan sistem operasi Samsung Tizen, bukan Android atau Wear OS. Operating System ini berfungsi dengan semua ponsel cerdas tetapi berfungsi paling baik dengan ponsel Samsung. Di ponsel Android lainnya, anda perlu mengunduh berbagai plugin untuk memastikan pengalaman pengguna yang lancar, tetapi anda mendapatkan sebagian besar fitur yang dijanjikan. Namun, di iOS, anda akan menemukan beberapa fitur tidak berfungsi. Misalnya, anda tidak dapat menanggapi pesan saat jam tangan dipasangkan dengan iPhone. Peringatan Samsung Pay dan SOS tidak berfungsi sama sekali.

Anda bisa mendapatkan semua notifikasi dari ponsel anda untuk muncul di arloji ini, dan jika anda tidak ingin dibombardir notifikasi di pergelangan tangan, anda dapat mematikan aplikasi yang tidak ingin anda lihat. Pemberitahuan tiba hampir pada waktu yang sama seperti pada ponsel yang terhubung, dan mudah dibaca. Anda dapat menggunakan suara anda sebagai alternatif dari keyboard yang sempit, atau anda dapat mencoret-coret huruf untuk menulis pesan singkat. 

Pengalaman anda akan jauh lebih baik jika anda menggunakan aplikasi Samsung, karena semuanya dapat diakses di jam tangan tersebut. Itu berarti anda dapat masuk ke aplikasi Pesan atau Email untuk melihat teks atau email dan melanjutkan percakapan dari jam tangan itu sendiri. Jika anda menggunakan aplikasi seperti Android Messages atau Gmail, anda hanya akan dapat menanggapi notifikasi, karena aplikasi tersebut tidak tersedia di Tizen.

Ada penyimpanan aplikasi di Galaxy Store, tetapi kekurangan beberapa aplikasi kebugaran pihak ketiga seperti Strava, tidak banyak lagi yang bisa di instal. Bahkan Wear OS memiliki pilihan yang lebih baik, tetapi tidak ada yang bisa mendekati apa yang akan anda dapatkan di Apple WatchOS.

Pelacakan Kebugaran
Galaxy Watch Active sesuai dengan namanya. Dalam pengujian awal, tampak ada beberapa perbedaan dengan detak jantung dan data lain jika dibandingkan dengan perangkat lain tetapi setelah pembaruan, akurasi Galaxy Watch Active meningkat pesat.

Menggunakan Apple Watch Series 4 sebagai tolok ukur, Galaxy Watch Active memberikan hasil yang hampir sama persis setelah melakukan lari selama 15 menit, mulai dari detak jantung dan jarak tempuh hingga hitungan langkah. Rata-rata, Apple Watch memiliki hitungan langkah harian yang sedikit lebih tinggi, tetapi perbedaannya kecil (sekitar 200 langkah lebih banyak).

Arloji ini akan terus mengukur detak jantung, sehingga anda bisa mendapatkan gambaran yang lebih baik tentang bagaimana arloji pintar ini berfluktuasi sepanjang hari.

Semua data ini berada di aplikasi Samsung Health, yang pastinya dilengkapi fitur, tetapi dapat dilakukan dengan perubahan yang serius. Mungkin antarmukanya terlalu berantakan untuk beberapa orang. Namun, anda dapat mencatat berapa banyak kafein atau air yang anda konsumsi dalam sehari, serta memasukkan kalori dari makanan yang anda makan. Anda bahkan dapat melacak stres, dan pada satu hari yang sangat menegangkan, latihan pernapasan yang disarankan oleh arloji dapat membantu menurunkan detak jantung dan membuat anda merasa jauh lebih baik.

Ada juga pelacakan tidur, yang tidak akan anda temukan di Apple Watch. Tapi itu untung-untungan. Anda perlu memperhatikan seberapa akurat data tidur yang ada, tetapi ada saat-saat ketika anda duduk di depan komputer pada larut malam, dan jam tangan mengira anda sedang tidur. Fitur ini bukan yang paling dapat diandalkan, tetapi lebih sering berfungsi daripada gagal. Jam tangan Samsung Galaxy Watch Active ini juga memiliki GPS built-in jika anda ingin melacak aktivitas lari anda juga.

Daya tahan baterai yang solid
Masa pakai baterai bukanlah keahlian Galaxy Watch Active, tetapi lebih baik daripada kebanyakan jam tangan pintar yang menjalankan sistem operasi Google Wear OS. Mengakhiri hari kerja (sekitar jam 6 sore) dengan sekitar 60 persen tersisa di jam tangan. Layar disetel ke kondisi selalu mati dalam pengujian ini. Mengenakannya ke tempat tidur, dan dapat melacak tidur anda dan melewati setengah hari berikutnya sebelum akhirnya di cas ulang. Pada hari-hari di mana tidak menggunakannya untuk melacak tidur, anda bisa mendapatkan jam tangan ini tetap aktif selama dua hari kerja penuh tanpa pengecasan.

Jika anda membiarkan layar tetap menyala, dan jam tangan ini akan mencapai sekitar 50 persen pada jam 6 sore. Jam ini akan bertahan sepanjang malam untuk melacak tidur anda, tetapi anda mungkin harus mengisi ulang di pagi hari. Tidak memiliki masa pakai baterai terbaik untuk harganya, tetapi cukup untuk bertahan dengan nyaman.

Putusan Final
Samsung Galaxy Watch Active memiliki desain yang ramping dan kompak dengan kecerdasan kebugaran dan sistem notifikasi yang kuat. Tidak memiliki masa pakai baterai yang terbaik, tetapi cukup untuk bertahan. Ini adalah nilai yang luar biasa hanya di harga dua jutaan. Jam tangan pintar ini juga tahan air 5ATM dan IP68, mengklasifikasikannya sebagai gadget yang bisa di pakai saat berenang, juga memiliki kualitas pembuatan yang bagus dan akan bertahan sekitar dua hingga tiga tahun sebelum anda akhirnya akan melihat penurunan daya baterai.

iklan grapela dan tangga seribu
Iklan Batu Berlayar dan masjid tuo

Komentar

Loading...