Update COVID-19 Aceh

0 Terkonfirmasi
0 Dirawat
0 Sembuh
0 Meninggal

-

Sumber: -

Sambal Terasi dengan Bau Menyengat Tapi Beribu Penikmat

Sambal Terasi dengan Bau Menyengat Tapi Beribu Penikmat

BLANGPIDIE, ANTEROACEH.com – Sambal bukanlah bagian asing lagi di Indonesia. Sebab, masyarakat di negeri penghasil rempah-rempah ini memang mayoritasnya pencinta kuliner sambal. Salah satunya sambal terasi.

Rasanya tidak lengkap hidangan makan tanpa adanya sambal terasi. Sebab, sambal terasi selain bisa dicicipi dengan ikan panggang, juga bisa dimakan dengan sayur rebus dan makanan-makan lainnya.

Uniknya lagi, meski terasi terbuat dari udang yang sudah diasinkan berbau tak sedap, namun tidak sedikit pula penikmat sambal mentah itu diminati oleh masyarakat, baik itu dalam negeri maupun turis-turis dari luar negeri.

Nikmat sambal terasi sulit untuk ditolak, bahkan sudah menjadi pelengkap menu nasi hangat dan lauk pauk. Sambal terasi juga bisa membuat hidangan jadi endeus dan membuat nafsu makan bertambah.

Meski terbilang sebagai masakan kuno, namun sambal terasi hingga di abad modern ini masih sangat diminati oleh masyarakat Indonesia khusunya Aceh, baik dikalangan orang tua maupun anak muda.

Seperti yang dilakukan oleh sekelompok anak muda Gampong Mata Ie, Kecamatan Blangpidie, Aceh Barat Daya (Abdya), Sabtu, (4/7/2020). Agenda masak-masak bak Ibu Rumah Tangga (IRT) bukan bagian asing lagi bagi mereka, karena setiap hari libur dikala tidak ada kegiatan, pemuda-pemuda tersebut selalu meluangkan waktu untuk membuat berbagai macam sambal.

Membuat kawan nasi dengan menu sambal terasi sudah menjadi agenda rutinitas bagi sekelompok pemuda gampong setempat. Sebab bagi mereka, terasi sudah menjadi cara ampuh untuk menggugah selera makan.

"Selain untuk menikmati makan siang bersama, agenda ini juga salah satu upaya kita dalam menjalin silaturahmi, karena untuk menjaga silaturahmi kita punya cara masing-masing," ungkap Sulaiman yang akrab disapa Jhon Leman, saat diwawancarai anteroaceh.com.

Ia juga menyebutkan, jika sambal terasi hingga saat ini merupaka salah satu makanan favorit mereka disaat bersama. Karena selain bahan yang sangat sederhana, sambal terasi juga memiliki rasa yang luar biasa.

Walaupun setelah kita makan bau sambal terasi masih melekat ditangan, akan tetapi sambal ini sudah menjadi menu utama untuk kita masak disaat berkumpul bersama-bersama-sama.

Ia juga berharap kepada anak-anak muda untuk menjaga dan selalu mencintai tradisi sambal terasi maupun sambal yang terbuat dari bahan-bahan lainnya. 

"Sambal merupakan salah satu makan khas Negara kita Indonesia,  meski ada bermacam-macam jenis sambal, yang terpenting tugas kita menjaga khas-khas kuliner Indonesia tetap jaya dimata dunia," pungkasnya.

Untuk diketahui, terasi sendiri terbuat dari ikan atau udang rebon yang difermentasikan. Sementara untuk membuat sambal terasi yang enak, terasi yang sudah digoreng ata dibakar digiling secara bersamaan dengan cabai merah, cabai rawit, bawang merah dan putih, garam dan tomat serta bahan lainnya yang menurut anda suka.

Penasaran dengan rasa nikmatnya sambal terasi, silahkan dicoba dengan bahan-bahan yang telah disajikan. Dijamin rasa mantap dan dibuat anda akan ketagian. Ditambah lagi cara pembuatannya tidak terlalu sulit dan bahan-bahannya semua sederhana.

Komentar

Loading...